Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lailatul Ijtima' Ranting NU di Ponorogo Dorong Kesadaran Zakat Pertanian

Lailatul Ijtima' Ranting NU di Ponorogo Dorong Kesadaran Zakat Pertanian
Ngaji bareng zakat pertanian Laitul Ijtima' Nahdlatul Ulama (NU) ranting Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/ZM)
Ngaji bareng zakat pertanian Laitul Ijtima' Nahdlatul Ulama (NU) ranting Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/ZM)

Ponorogo, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dari laitul ijtima' Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Kegiatan berupa ngaji bareng zakat pertanian tersebut dipusatkan di Musholla As Sidiq, Ahad (14/03/2021). Ngaji ini bertujuan menyadarkan Nahdliyin di kawasan setempat untuk sadar berzakat.

 

KH Sunarto, Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mrican mengatakan, bahwa ngaji zakat pertanian diadakan agar Nahdliyin sadar berzakat sesuai panen raya. 

 

"Sebab mungkin, masih banyak di antara masyarakat Mrican, yang mestinya sudah berkewajiban zakat namun masih tidak memperhatikan sehingga tidak mau mengeluarkan zakat," katanya. 

 

Menurut Muhammad Asvin Abdur Rohman, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo yang menjadi narasumber dalam pengajian tersebut mengaku bahwa Nahdliyin Mrican kesadaran zakatnya makin tinggi. 

 

"Berbagai pertanyaan terkait zakat yang dulu muncul sekarang sudah tidak lagi. Artinya warga semakin sadar," terangnya. 

 

Gus Asvin, sapaan akrab Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ridlo, Siman, Ponorogo itu menjelaskan, kesadaran itu juga semakin tinggi karena digerakkannya Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Mrican dan sedekah bumi. 

 

"Sedekah bumi itu, menggerakkan orang untuk mau berinfaq walaupun tidak diwajibkan," ujarnya. 

 

Hal senada diungkap Nasroh Wahab Sya'roni. Menurut Ketua UPZISNU Desa Mrican tersebut, ngaji bareng zakat pertanian di lailatul ijtima' NU Mrican bertujuan mendorong Jaringan Pengelola Zakat, Infaq dan Shodaqoh (JPZIS) NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (LAZISNU) di enam lokasi untuk melaksanakan program zakat pertanian. 

 

"Adapun kalau zakat itu untuk delapan golongan penerima. Sedangkan untuk sedekah hasil bumi, dari ranting tidak minta sepeser pun. Pengurus Ranting NU hanya mendata," jelasnya. 

 

Dengan adanya ngaji bareng zakat pertanian, Adi Purnomo Sidiq, Kepala Desa Mrican yang turut ikut mengaji mengungkapkan bahwa kegiatan itu sangat baik dan sangat menyentuh. 

 

"Pemahaman tentang zakat itu sangat perlu dan penting sekali. Jadi kami sangat senang dan bisa menambah pengetahuan," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim