Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lakpesdam NU dan Dinas Pendidikan Diskusi Toleransi di Kota Malang

Lakpesdam NU dan Dinas Pendidikan Diskusi Toleransi di Kota Malang
Diskusi tentang toleransi oleh Lakpesdam NU dan Dinas Pendidikan Kota Malang. (Foto: NOJ/MMR)
Diskusi tentang toleransi oleh Lakpesdam NU dan Dinas Pendidikan Kota Malang. (Foto: NOJ/MMR)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Malang membuka diskusi terarah bersama para pengawas pendidikan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang pada Kamis (06/05/2021).

 

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua PC Lakpesdam NU Kota Malang M Faisol Fatawi, Wakil Sekretaris PCNU Kota Malang M Mahpur, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Malang Lilik Dwi Riani, para pengawas di tingkat SD dan SMP di Kota Malang, beberapa akademisi dari beberapa kampus di Kota Malang, dan anggota Lakpedam Kota Malang.

 

“Kegiatan dalam rangka membuka diskusi dengan para pengawas di Dinas Pendidikan Kota Malang dalam rangka mencoba memotret kembali bagaimana pendidikan dan pembelajaran toleransi di Kota Malang sudah dijalankan sejauh mana.” Kata Ilhamuddin Nukman, pengurus Lakpesdam NU Kota Malang, inisiator kegiatan diskusi tersebut.

 

Ilham mengatakan bahwa kegiatan ini semacam perlu dilakukan untuk membahas akan hal-hal pokok dalam pendidikan yang mulai pudar. “Jadi kegiatan ini sebagai wujud kita berusaha mengevaluasi kembali nilai – nilai toleransi yang ada di Kota Malang,” ujarnya.

 

“Kami berharap dari pertemuan pertama ini bisa berlanjut dengan baik. Kali ini kita sudah mencapai kesepakatan bersama tentang perlunya menelaah kembali toleransi yang ada di sekolah khususnya terkait toleransi yang tercantum dalam kurikulum yang ada,” imbuh dosen Psikologi Universitas Brawijaya itu.

 

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Malang Lilik Dwi Riani mengatakan, pihaknya mendukung langkah Lakpesdam dalam mengawal isu toleransi.

 

“Tentunya kami dari dinas sangat mendukung langkah lakpesdam kali ini. Ini merupakan suatu kolaborasi untuk menyisipkan kurikulum muatan lokal. Toleransi memang harus selalu kita kawal di Kota Malang,” tandasnya.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9