Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lakpesdam NU Sumenep Bangun Kekuatan Ranting dengan Lokakarya

Lakpesdam NU Sumenep Bangun Kekuatan Ranting dengan Lokakarya
Pembukaan lokakarya. (Foto: NOJ/Firdausi)
Pembukaan lokakarya. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim
Saat Muktamar NU ke XXX tahun 1999 di Lirboyo Kediri, isu penguatan ranting muncul, bahkan hasil Konfercab Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep tahun 2020 mengamatkan agar kekuatan ranting harus disikapi dengan bijak.

Berangkat dari permasalahan tersebut, pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Sumenep menggelar Lokakarya Penguatan Ranting NU di masing-masing daerah. Pertama kali yang dikunjungi adalah Majelis Wakil Cabang
Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ganding pada Ahad (21/03/2021), selanjutnya Lenteng pada Selasa (23/03/2021), dan kali ini Kalianget dan Manding, Selasa (30/03/2021).

Untuk menyambut usia NU yang hampir 1 abad, Moh Ekoyanto menjelaskan bahwa kedatangannya ke masing-masing MWCNU untuk mewujudkan ranting yang kuat dan berdaya.

"Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah kami akan melakukan pendampingan dan monitoring kegiatan ranting yang bersifat diniyah dan ijtimaiyah. Upaya ini sebagai penguatan seluruh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) dengan mengidentifikasi dan memetakkan masalah serta kebutuhannya," kata Ketua Lakpesdam NU Sumenep saat memberikan pengarahan.

Ia mengimbau pada masing-masing ranting agar aktif melaksanakan kegiatan sesuai dengan pemetaan kebutuhan dan permasalahan yang dihasilkan dalam lokakarya.

"Forum ini harus berjalan, karena bisa dijadikan forum evaluasi dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya," ungkapnya.

Di kesempatan yang berbeda, KH Moh Afif mengapresiasi kegiatan lokakarya, karena selama ini tidak ada penguatan ranting.

"Alhamdulillah, hari ini Lakpesdam NU bisa mendampingi kami dan bisa belajar bersama tentang tata cara mengorganisir ranting NU. Kami akui di periode kali ini PCNU benar-benar menjalankan amanat dan tanggung jawab sebagaimana dituangkan dalam keputusan Konfercab tahun lalu," ungkap Rais MWCNU Kalianget saat memberikan sambutan di kantor setempat pukul 08.00 WIB.

Di pihak lain, Kiai Ahmad Wahyudi yang menyambut kedatangan rombongan pada pukul 10.30 WIB mengucapkan terimakasih atas kunjungannya.

"Kami berharap, hasil lokakarya ini bisa memberikan obat atas penyakit yang dialami oleh masing-masing ranting," ujar Ketua MWCNU Manding.


Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim