• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Pendidikan

Laporan Keuangan Digital Dikenalkan KKN Unusa di Situbondo

Laporan Keuangan Digital Dikenalkan KKN Unusa di Situbondo
Suasana pengenalan aplikasi laporan keuangan oleh mahasiswa KKN Unusa. (Foto: NOJ/Hum)
Suasana pengenalan aplikasi laporan keuangan oleh mahasiswa KKN Unusa. (Foto: NOJ/Hum)

Situbondo, NU Online Jatim

Kiprah mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) saat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata sangatlah beragam. Prinsipnya melibatkan warga dengan sejumlah teknologi.

 

Di Situbondo, tepatnya Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, peserta KKN Unusa melakukan sosialisasi penggunaan sistem informasi aplikasi pencatatan informasi keuangan (Si Apik).

 

Ketua Kelompok 41 KKN Unusa, Fuadatul Hasanah menjelaskan acara ini untuk membantu masyarakat terutama pelaku usaha dalam mempermudah pencatatan transaksi keuangan. Peserta pelatihan ini terdiri dari perangkat desa, pengurus Bumdes, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menangah atau UMKM, petani dan peternak.

 

“Jadi peserta akan dengan mudah untuk mengisi laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Etap) jadi akan lebih tertata dalam pembuatan laporan transaksi keuangan,” kata Fuadatul, Selasa (15/9/2020).

 

Fuadatul menjelaskan acara ini untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat tentang membuat laporan keuangan. Dengan adanya aplikasi ini juga dapat membantu masyarakat membuat laporan keuangan.

 

“Jadi, lebih tertata dalam laporan keuangan yang selama ini akan sulit untuk membuat laporan,” urainya.

 

Selain itu, mahasiswa KKN Unusa tetap membimbing masyarakat dalam membuat laporan keuangan dengan tergabung dalam whatsapps grup.

 

“Kami lakukan untuk masyarakat lebih mudah dalam pengaturan keuangan,” tandasnya.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Pendidikan Terbaru