Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

LAZISNU di Kediri Tingkatkan Profesionalitas dengan Madrasah Amil

LAZISNU di Kediri Tingkatkan Profesionalitas dengan Madrasah Amil
Pelaksanaan Madrasah Amil. (Foto: NOJ/muwaffaq)
Pelaksanaan Madrasah Amil. (Foto: NOJ/muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Pengurus Unit Pengelola Zakat, Infaq, dan Shadaqah (UPZIS) NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri tingkatkan profesionalitas pengurus dengan adakan Madrasah Amil. Kegiatan ini diikuti seluruh amil UPZIS dan Jaringan Pengelola Zakat, Infaq, dan Shadaqah (JPZIS) NU Care-LAZISNU Kabupaten Kediri pada Rabu (07/04/2021).

 

 

Total 63 peserta dari perwakilan JPZIS Masjid/mushala memenuhi SMK Islam, Dusun Prayungan, Desa Kuwik, Kecamatan Kunjang sebagai tempat kegiatan pelatihan.

 

 

‘Profesionalisasi Keahlian dalam Pengelolaan Zakat’ menjadi tema dalam kegiatan tersebut. Dengan harapan untuk mempersiapkan kader amil agar lebih profesional dalam memanajemen zakat sesuai dengan aturan agama dan pemerintah.

 

"Kegiatan ini sebagai pembelajaran peserta agar dapat mengelola zakat sesuai tuntunan syar'i dan legal dalam hukum positif atau formal,” kata Mochamad Rifai, Ketua NU Care-LAZISNU Kecamatan Kunjang.

 

Di dalam pelaksanaan acara ini, pengurus memberikan empat poin materi terkait zakat. Materi pertama tentang zakat mal dan fitrah, kedua tugas amil, ketiga keadministrasian LAZISNU, dan keempat sinergitas LAZISNU dengan badan otonom dan lembaga.

 

"Beberapa materi tersebut adalah dasar dalam pengelolaan zakat secara profesional," pungkasnya.

 

Badrul Amin, Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Kediri berharap setelah kegiatan Madrasah Amil ini, kemanfaatan ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan kepada mayarakat.

 

"Kami berharap pengelolaan zakat yang sudah berjalan di masjid-masjid akan terlaksana sesuai dengan maqashid asy-syar’i,” harapnya.

 

Ia juga berharap ilmu yang diperoleh dapat menambah keahlian dalam manajemen zakat.

 

"Kami berharap seluruh dana zakat, infaq, dan shadaqah yang dibayarkan oleh nahdliyin benar dikelola dengan baik sesuai fiqh zakat syariat Islam Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah,” pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim