Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

LAZISNU di Sidoarjo Bakal Bentuk UPZIS di Seluruh Ranting

LAZISNU di Sidoarjo Bakal Bentuk UPZIS di Seluruh Ranting
Musyawarah pembentukan UPZIS LAZISNU Ranting Penambangan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo di Masjid Baitur Ridlwan, Desa Penambangan, Senin (4/01/2021). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Musyawarah pembentukan UPZIS LAZISNU Ranting Penambangan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo di Masjid Baitur Ridlwan, Desa Penambangan, Senin (4/01/2021). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) selalu berupaya untuk menebarkan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi nahdliyyin. Untuk itu diperlukan perluasan unit pengelola jaringan sampai tingkatan bawah.

 

Seperti yang dilakukan Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo yang mengawali awal tahun 2021 dengan mencanangkan Program Rantingisasi.

 

Ketua UPZIS LAZISNU MWC Balongbendo Muh Nurhadi menyampaikan, pihaknya akan berupaya maksimal mendorong terbentuknya UPZIS LAZISNU di seluruh tingkatan ranting se-Kecamatan Balongbendo. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri musyawarah pembentukan UPZIS LAZISNU Ranting Penambangan di Masjid Baitur Ridlwan, Desa Penambangan, Senin (04/01/2021).

 

“Tujuan kami saat ini selalu berupaya untuk menghidupkan 20 ranting yang ada di Kecamatan Balongbendo melalui Program Rantingisasi, agar syiar LAZISNU bisa lebih mudah diterima dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sampai saat ini sudah terbentuk  LAZISNU di 11 Ranting, ” kata Nurhadi.

 

Lebih lanjut ia menegaskan, LAZISNU MWC Balongbendo juga akan melakukan penguatan Koin NU Peduli di setiap ranting. Dari 11 Ranting tersebut sudah ada 6 ranting yang aktif mengelola Koin NU Peduli dan manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

 

“Harapan kami di kepengurusan ini bisa benar-benar menjalankan amanah yang kami terima dengan baik. Kami berusaha untuk selalu terbuka dan transparan terkait pelaporan keuangan, kami juga  berpesan kepada semua LAZISNU ranting yang sudah terbentuk agar selalu terbuka dan transparan dalam mengelola keuangan,” tegas mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Balongbendo tersebut.

 

Sementara itu, Ketua LAZISNU Ranting Penambangan Rohmadi mengungkapkan, dirinya terpilih menjadi Ketua LAZISNU Ranting tersebut artinya mempertegas dirinya sebagai ketua panitia amil dan zakat yang telah diembannya  sekitar 11 tahun ini.

 

“Sebagaimana hasil musyawarah rapat di lembaga Ranting NU Penambangan malam ini, saya diberikan amanah untuk memegang jabatan sebagai ketua LAZISNU Ranting Penambangan. Yang artinya mempertegas atau meresmikan kegiatan yang selama sekitar 11 tahun sudah saya jalankan sebagai ketua panitia amil dan zakat di Desa Penambangan,” ungkapnya.

 

Rohmadi berharap, dengan terbentuknya kepengurusan LAZISNU Ranting Penambangan, setiap kegiatan pengumpulan zakat, infak dan shadaqah dari umat, khususnya warga Nahdliyyin dan masyarakat luas lebih terorganisir.

 

 

"Dengan tujuan untuk membantu 8 golongan sebagaimana termuat dalam Al-Qur’an, menyantuni anak yatim,  meningkatkan kesejahteraan dan SDM umat,” pungkasnya.

 

Dalam musyawarah tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus LAZISNU MWC Balongbendo, Ketua Ranting NU Penambangan beserta Badan otonom (Banom), dan takmir masjid setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Editor : Romza

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9