Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

LAZISNU di Sidoarjo Sambut Muharram dengan Santunan Yatim dan Istighotsah

LAZISNU di Sidoarjo Sambut Muharram dengan Santunan Yatim dan Istighotsah
Sejumlah yatim menerima santunan yang diberikan UPZIS LAZISNU Ranting Dukuhtengah, Buduran, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)
Sejumlah yatim menerima santunan yang diberikan UPZIS LAZISNU Ranting Dukuhtengah, Buduran, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Bulan Muharram mempunyai kedudukan yang istimewa dibandingkan dengan bulan yang lain. Wajar saja jika umat Muslim berbondong-bondong melakukan sedekah dan kebaikan pada bulan tersebut.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (21/8).

 

Mengawali tahun baru Islam 1442 H, LAZISNU setempat melaksanakan tasyakuran dan santunan anak yatim. Acara dilaksanakan setelah shalat Jumat dan dipusatkan di  gedung serbaguna "Arjo Guno" milik Pemerintah Desa (Pemdes) Dukuhtengah. Semua yang hadir tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Dukuhtengah,  Junaidi dalam sambutannya menghimbau warga selalu mematuhi protokol kesehatan dan peduli dengan sesama.

 

“Kami imbau masyarakat tetap waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari. Meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19, kita harus semakin peduli kepada sesama, karena banyak orang yang terdampak Covid-19 kesulitan memenuhi kebutuhan,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Dukuhtengah, sekaligus ketua pengurus anak yatim setempat, KH Nasukan menuturkan bahwa manusia selain bekerja juga harus beramal shaleh.

 

“Kita sebagai manusia jangan hanya bekerja mencari harta, tapi juga harus memperbanyak beramal shaleh. Seperti rajin berinfak atau bersedekah, karena dalam harta yang kita miliki ada sebagian yang merupakan hak fakir miskin dan dhuafa serta anak yatim,” tuturnya.

 

Ketua panitia, Achmad Hariri menjelaskan kegiatan penyaluran kali ini pihaknya bekerja sama dengan ‘Berlian Snack’, salah satu agen snack terbesar di wilayah Kecamatan Buduran.

 

“Pada acara ini dibagikan sebanyak 36 anak yatim se-Desa Dukuhtengah, mulai usia balita sampai dengan tingkat SMA menerima santunan berupa bingkisan dan uang tunai,” terangnya kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut dirinya menegaskan, acara ini diselenggarakan untuk memeriahkan tahun baru Islam 1442 H sekaligus memberikan sedikit kebahagiaan untuk anak yatim.

 

Acara diselenggarakan memeriahkan tahun baru umat Islam 1442 H, sekaligus memberi sedikit kebahagiaan kepada anak yatim di bulan Muharram sebagai bulan hari rayanya anak yatim.

 

Achmad Hariri menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini. Rencananya pekan depan UPZIS LAZISNU Ranting Dukuhtengah akan kembali menyalurkan santunan untuk anak yatim dari kaleng Koin NU.

 

“Saya berharap santunan seperti ini tidak hanya dilakukan pada bulan Muharram saja, karena sebagaimana kita hidup, anak yatim juga hidup selama 12 bulan pertahun. Semoga dengan santunan seperti ini dapat sedikit meringankan dan menghibur adik kita yang sudah ditinggalkan orang tuanya menghadap kehadirat Allah,”tegasnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Pj kades, perangkat desa, pengurus anak yatim Al Mughni , dan warga sekitar. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan istighosah dan tahlil bersama.

 

M Amron Nadhif, warga RT 004 RW 002, salah seorang yatim yang belum genap seminggu ditinggal ayahnya wafat, mengaku senang dan terbantu dengan santunan tersebut. Apalagi kondisinya saat ini ia sedang membutuhkan tambahan biaya untuk membeli paketan internet untuk sekolah daring.

 

“Saya sangat senang dan terbantu dengan adanya santunan dari LAZISNU dan para donatur warga Desa Dukuhtengah. Semoga segenap relawan sehat selalu,”ujar anak yatim kelas 9 SMP tersebut.

Iklan promosi NU Online Jatim