Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

LAZISNU Jatim Berangkatkan Bantuan untuk Dapur Umum di Lokasi Gempa Malang

LAZISNU Jatim Berangkatkan Bantuan untuk Dapur Umum di Lokasi Gempa Malang
A Afif Amrullah, Ketua NU Care-LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/RB)
A Afif Amrullah, Ketua NU Care-LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/RB)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur memberangkatkan bantuan untuk korban bencana gempa di Kabupaten Malang. Kegiatan ini digelar pada Jumat (16/04/2021) di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

 

Menurut A Afif Amrullah, bantuan ini disesuaikan berdasarkan hasil survei tim Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Malang.

 

“Menurut hasil survei dari LPBINU Kabupaten Malang, masyarakat paling membutuhkan hunian sementara sepertil terpal, selimut, dan lain-lain. Karena banyak rumah yang rusak dan masyarakat masih belum berani kembali ke rumah masing-masing sehingga masih bergantung kepada tempat pengungsian,” katanya.

 

Selain itu, bantuan lain yang mendesak adalah kebutuhan logistik untuk makan sehari-hari.

 

“Setelah gempa ini, peralatan dan rumah milik warga rusak sehingga membutuhkan bantuan logistik berupa makanan siap saji. Sementara ini ada dua dapur umum di Dampit, Kabupaten Malang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PCNU Kabupaten Malang,” ungkapnya.

 

Dosen Universitas Sunan Giri Surabaya tersebut menambahkan, bahwa bantuan tersebut didapatkan dari dana para donatur kepada NU Care-LAZISNU Jawa Timur.

 

“Bantuan tersebut adalah amanah dari para donatur, aghniya’, muzakki, dan mutashoddiq yang mempercayakan dananya kepada NU Care-LAZISNU Jawa Timur,” tambahnya.

 

Untuk rencana ke depan, NU Care-LAZISNU Jawa Timur akan terus membantu para korban bencana yang berkolaborasi dengan berbagai pihak.

 

“Rencana jangka pendek, dalam satu minggu ke depan kita akan akan mengoperasikan dapur umum dan satu unit mobil mushala portabel kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI),” ujarnya.

 

Afif juga mengajak masyarakat untuk terus peduli kepada korban bencana dengan menyalurkan donasi kepada NU Care-LAZISNU Jawa Timur.

 

“Di samping itu kita terus menggalang dana dan mengajak masyarakat untuk terus membantu para korban dengan mengirimkan donasi ke BSI/BSM: (045) 177-777-757 An. Lazisnu Jatim Infaq atau BCA: (014) 429-8624-999 An. YAY Lazisnu Infaq. Dan untuk zakat ke BCA: 4295248999 An. YAY Lazisnu Zakat atau BSI/BSM: 333-5555-596 An. Lazisnu Jatim Zakat,” pungkasnya.

PWNU Jatim