Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lebaran Ketupat, Pengunjung Wisata di Bangkalan Bakal Ditest Swab Jika Berkerumun

Lebaran Ketupat, Pengunjung Wisata di Bangkalan Bakal Ditest Swab Jika Berkerumun
Istimewa
Istimewa

Bangkalan, NU Online Jatim

Hari Raya Ketupat atau lebaran ketupat di Kabupaten Bangkalan jatuh pada hari ini, Kamis (20/05/2021). Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan mengeluarkan imbauan khusus terkait perayaan lebaran ketupat tahun 2021. Setidaknya ada tiga poin yang terdapat dalam imbauan tersebut.

 

Imbauan ini muncul karena setiap lebaran ketupat di Kabupaten Bangkalan masyarakat biasanya mengunjungi tempat wisata favorit. Guna mencegah kerumunan di tempat wisata akhirnya Satgas Covid-19 mengeluarkan imbauan tesebut.

 

Salah satu tujuannya supaya tidak terjadi klaster penyebaran Covid-19 di tempat wisata Kabupaten Bangkalan. Sebab, hingga kini di Kabupaten Bangkalan kasus Covid-19 sudah bisa dikatakan menurun. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi lonjakan kasus akibat kerumunan di tempat wisata saat lebaran ketupat.

 

Berdasarkan rilis Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan per tanggal 19 Mei 2021 Pukul 08.00 WIB tercatat total 1.690 orang terkonfirmasi positif, sembuh 1.509 orang, meninggal 170 orang dan 11 orang sedang berjuang menghadapi kasus aktif. 

 

Hasil capaian tersebut adalah buah kerja keras berbagai pihak, mulai Satgas Penanganan Covid-19 Tingkat Kabupaten, Tingkat Kecamatan, Tingkat Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat serta seluruh elemen masyarakat lainnya yang telah bahu-membahu dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Wilayah Kabupaten Bangkalan.

 

Agus Sugianto Zain, Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Bangkalan mengatakan, pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi ke sejumlah objek wisata yang dikhawatirkan menimbulkan kerumunan. Pihaknya akan bergerak bersama tim dari Kepolisian Daerah Jawa Timur.

 

"Nantinya akan kita lakukan tes swab jika didapati pengunjung sedang berkerumun," ujarnya sebagaimana dilansir laman Pemkab Bangkalan, Rabu (19/05/2021).

 

 

Lebih lanjut Agus menyampaikan, Bupati Bangkalan beserta jajaran Forkopimda mengeluarkan sejumlah imbauan kepada seluruh masyarakat Bangkalan. Berikut imbauan Bupati beserta jajaran Forkopimda:

1. Bagi para pegawai (ASN dan THL) dan pekerja lainnya supaya tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya sesuai tanggungjawab dan kewajibannya;


2. Bagi yang tidak memiliki tanggungan pekerjaan atau sedang libur supaya merayakan lebaran ketupat bersama keluarga di rumah masing-masing sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan kekeluargaan menjadi lebih baik;


3. Bagi pengelola obyek wisata atau penyelenggara kegiatan supaya mematuhi seluruh ketentuan protokol kesehatan. Bilamana ditemukan terjadi pelanggaran dengan sengaja maka akan langsung dilakukan penutupan atau pembubaran.


Editor:
F1 Bank Jatim