Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lewat Kompromi, NU Kota Batu Sukses Gelar Resepsi Harlah 

Lewat Kompromi, NU Kota Batu Sukses Gelar Resepsi Harlah 
Resepsi puncak harlah ke-98 NU di Kota Batu. (Foto: NOJ/Bellgis A)
Resepsi puncak harlah ke-98 NU di Kota Batu. (Foto: NOJ/Bellgis A)

Batu, NU Online Jatim

Di tengah pandemi tidak menyurutkan semangat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu menyelenggarakan peringatan hari lahir ke-98 NU. Kegiatan kali ini digelar di Masjid An-Nur Kota Batu, Ahad (28/02/2021). Acara yang mengusung tema ‘Menyongsong Satu Abad, Meneladani Muassis, menuju Kemandirian NU’ tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

H Ahmad Budiono selaku Ketua PCNU Kota Batu menjelaskan bahwa acara ini diadakan dengan kompromi yang serius.

 

"Kami melakukan kompromi yang sulit dengan para petugas protokol kesehatan. Kami menginginkan untuk mengundang 500-an orang, tapi tidak disetujui. Akhirnya dengan batasan maksimal 300 orang termasuk panitia, alhamdulillah acara ini dapat terlaksana dengan baik," terangnya.

 

Hal itu dibenarkan oleh Dewanti Rumpoko selaku Wali Kota Batu sekaligus Ketua Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 di kawasan setempat.

 

"Sebelumnya kami mohon maaf. Tapi situasi dan kondisilah yang membuat kami harus tegas dalam menerapkan protokol kesehatan. Kami tidak  bermaksud untuk menghalangi penyelenggaraan acara khidmat seperti ini. Namun demi menjaga keselamatan bersama, maka kita harus tegas dalam mengambil keputusan," tuturnya.

 

Dirinya menyayangkan situasi pandemi yang memakan banyak jiwa dan mengancam kesehatan seluruh umat. Tak terkecuali para pemuka agama.

 

"Saya sangat prihatin, karena pandemi yang tidak hanya melanda Indonesia ini telah menjadi penyebab banyak kasus kematian. Khususnya di Kota Batu, banyak kiai dan ulama yang wafat karena Covid-19 ini," ungkapnya.

 

Terkait harlah, dirinya berharap bertambahnya usia NU maka akan bertambah jaya dan bertambah kemanfaatannya dalam masyarakat.

 

Turut hadir pula dalam kesempatan ini, rais, ketua serta pengurus PCNU Kota Batu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, juga perwakilan pengurus dan anggota badan otonom NU di kawasan setempat.

 

Kontributor:  Zaiyana Nur Ashfiya, Bellgis Avrianzah

Editor: Syaifullah

PWNU Jatim