• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Metropolis

LFNU Jatim Jelaskan bagaimana Gerhana Matahari Cincin Terjadi

LFNU Jatim Jelaskan bagaimana Gerhana Matahari Cincin Terjadi
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Foto: NU Online)
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Foto: NU Online)

Surabaya, NU Online Jatim

Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terlihat dari sebagian wilayah di dunia pada Kamis (10/06/2021) besok. GMC akan terlihat di sebagian Kanada dan Siberia di Rusia. Sementara di Greenlan, Eropa, Islandia, Asia Tengah, dan China bagian barat, gerhana akan terlihat sebagian. Sementara warga Indonesia tidak akan melihat fenomena alam itu.

 

Lantas bagaimana Gerhana Matahari Cincin terjadi?

 

Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur KH Shofiyulloh alias Gus Shofi menjelaskan, dalam Ilmu Falak gerhana cincin disebut dengan al-kusuf al-halqi. Adapun gerhana total disebut dengan al-kusuf al-kulli.

 

“Begini, gerhana matahari cincin itu terjadi jika posisi Matahari itu dekat, sedangkan posisi Bulan itu jauh (dari Bumi),” kata Gus Shofi kepada NU Online Jatim, Rabu (09/06/2021).

 

Ia menjelaskan, peredaran benda-benda langit berbentuk bulat pepat alias elips, tidak bulat sempurna. Risikonya, ada titik terjauh dan ada titik terdekat. Nah, kebetulan pada saat GMC terjadi pada Kamis besok, posisi Matahari beredar di titik dekat edar Bumi, sementara titik edar Bulan berada di titik jauh dari Bumi.

 

“Karena bulan terlihat jauh (dari Bumi), sehingga piringannya itu terlihat kecil. Ketika terjadi gerhana, piringan Bulan itu tidak mampu untuk menutup seluruh piringan Matahari. Sehingga, ketika terjadi puncak gerhana, ketika Bulan melewati titik tengah-tengahnya Matahari, cakram atau piringan Bulan itu tidak menutup seluruh piringan Matahari,” tandas Gus Shofi.

 

Akibatnya, cahaya garis pinggir piringan Matahari membias dan terlihat dari bumi seperti garis cincin. Itu berbeda dengan Gerhana Matahari Total yang terjadi pada 9 Maret 2016 lalu. Saat itu, lanjut Gus Shofi, posisi Matahari berada di titik jauh edar Bumi, sementara titik edar Bulan di titik dekat Bumi. Sehingga Bulan terlihat besar dan ketika terjadi puncak gerhana piringan Bulan terlihat menutup seluruh piringan Matahari.

 

Pada GMC Kamis besok, warga Indonesia tidak akan bisa menyaksikan. Gus Shofi menuturkan, itu terjadi karena posisi Bulan berada di sisi utara Bumi, begitu pula dengan Matahari. Hal itu berbeda dengan Gerhana Bulan Total pada pada 9 Maret 2016 lalu. Saat itu, baik Bulan maupun Matahari berada di titik Khatulistiwa sehingga bisa disaksikan secara jelas di Indonesia.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru