• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Parlemen

Libatkan Orang Tua Haters, Politisi PKB Sebut Sikap Ortu Ayu Ting Ting Berlebihan

Libatkan Orang Tua Haters, Politisi PKB Sebut Sikap Ortu Ayu Ting Ting Berlebihan
Ayu Rosmalina atau Ayu Ting Ting bersama kedua orang tuanya. (Foto: Istimewa).
Ayu Rosmalina atau Ayu Ting Ting bersama kedua orang tuanya. (Foto: Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Viral di pemberitaan orang tua penyanyi dangdut Ayu Ting Ting, Ayah Rozaq dan Umi Kulsum bersama aparat kepolisian mendatangi rumah orang tua seorang haters di Desa Tondomulo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (28/07/2021) lalu.

 

Sontak kedatangan orang tua pelantun "Alamat Palsu" ini pun membuat heboh warga kampung tempat orang tua haters tinggal. Belakangan diketahui haters tersebut bernama Kartika Damayanti (KD).

 

Tindakan Ayah Rozaq dan Umi Kulsum tersebut memaksa Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Fauzan Fuadi angkat bicara.

 

Politisi dari daerah pilihan (Dapil) Bojonegoro-Tuban ini menyebutkan, aksi labrak ke rumah Bapak Madi (orang tua KD) di Bojonegoro terlalu berlebihan dan terkesan arogan. Sebab, tindakan ini melibatkan pihak yang tidak ada sangkut pautnya dengan kasus tersebut. Apalagi KD diketahuinya sudah tujuh tahun tinggal di Singapura.

 

“Tindakan bullying yang dilakukan KD bagaimanapun tidak bisa dibenarkan, kita harus menentangnya. Akan tetapi, orang tua dari haters atau pembully tersebut seharusnya tidak perlu dilibatkan, apalagi sampai diposting di media sosial. Ada wajah ayah dan ibunya, ada wajah anak kecil juga yang tidak tahu apa-apa juga diposting,” kata Fauzan.

 

Tidak hanya itu, postingan foto yang memperlihatkan keluarga Bapak Madi di akun @mom_ayuting92 seharusnya tidak terjadi. Karena hal tersebut akan menimbulkan stigma negatif dan efek psikologis terhadap keluarga pelaku.

 

“Keluarganya pasti shock, padahal ayah KD juga sudah meminta maaf hingga berulang kali atas kesalahan anaknya, tentu tidak perlu diposting seperti itu,” kata pria yang duduk di kursi komisi C DPRD Jatim ini.

 

Wakil Ketua Ansor Jawa Timur ini berharap, keluarga pemilik nama asli Ayu Rosmalina tersebut dapat berlapang dada memaafkan aksi KD. Apalagi ayah KD sudah meminta maaf langsung kepada keluarganya.

 

Ia yakin dengan memaafkan pelaku, tidak sedikitpun akan mengurangi derajat keluarga  Ayu Ting Ting. Sikap ini seperti halnya yang telah dicontohkan Nabi Muhammad Saw. "Memaafkan justru akan semakin mengangkat derajat keluarga Ayu Ting Ting," katanya.

 

Fauzan mengatakan, semua pihak dapat mengambil hikmah atas kejadian ini. Hikmah kesadaran agar senantiasa bijak dalam bertutur kata dan menggunakan media sosial.

 

"Ini pelajaran bagi kita semua. Bijaklah bersosmed agar tidak muncul masalah hukum, sebab mulutmu harimaumu," tuturnya.

 

Lebih lanjut, pihaknya juga berharap kasus yang menimpa konsituennya ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, jika terpaksa dilanjutkan ke meja hijau, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan bantuan hukum kepada keluarga Bapak Madi.

 

“Jika memang perkara ini berlanjut ke meja hijau, maka kita pertimbangkan untuk memberi bantuan hukum,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Parlemen Terbaru