Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Lima Wisata Air di Kediri, Cocok untuk Melepas Penat

Lima Wisata Air di Kediri, Cocok untuk Melepas Penat
Sumber Ubalan di Kediri bisa menjadi sarana pelesir. (Foto: NOJ/ITm)
Sumber Ubalan di Kediri bisa menjadi sarana pelesir. (Foto: NOJ/ITm)

Banyak tujuan wisata di Kabupaten Kediri yang dapat dijadikan jujugan. Berikut lima destinasi wisata yang bisa dipilih untuk melepas penak, baik sendirian maupun bersama teman dan keluarga. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat keinginan untuk sampai ke sana bukan menjadi kendala.

 

Jangan lupa saat pulang, hendaknya membawa buah tangan berupa tahu kuning atau takwa yang demikian menggoda. Karena tahu khas daerah ini berbeda dengan yang ada di pasaran. yang tentu saja akan menggoda selera. 

 

Sumber Ubalan

Sumber Ubalan adalah salah satu wisata air yang populer di Kediri. Berlokasi di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten. Meski termasuk wilayah Kabupaten Kediri, lokasinya bisa ditempuh sekitar 35 menit dari pusat kota. 

 

Wisata yang juga dikenal sebagai Kalasan ini pertama kali dikelola sejak tahun 1891. Hal tersebut tertulis di sebuah prasasti yang ditemukan di dekat sumber. Kemudian dikembangkan sebagai tempat wisata oleh Pemerintah Kabupaten Kediri sejak tahun 1995. 

 

Kelebihan tempat tersebut ada taman bermain, kolam renang, dan bahkan beberapa yang biasanya digunakan untuk outbond. Tempatnya juga luas, termasuk untuk parkir kendaraan. 

 

Kediri Eco Park

Kalau ini lokasinya di Kota Kediri, yakni Kediri Eco Park. Tempatnya memang tidak begitu terlihat dari jalan raya. Tapi, nuansa yang ditawarkan tidak akan membuat kecewa. 

 

Wisata yang terletak di Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren ini menyediakan kolam renang hingga kolam ikan. Ada pula taman bunga dan taman bermain yang cocok jadi spot foto. Di sini juga bisa jadi wisata edukasi, buat outbond hingga berinteraksi dengan beberapa satwa. 

 

Masih berada di Kecamatan Pesantren, wisata sumber air lain yang bisa kamu kunjungi yakni Sumber Banteng. Lokasinya tidak jauh dari Kediri Eco Park, tepatnya di Kelurahan Tempurejo.

 

Diceritakan, sebelum menjadi tempat wisata, Sumber Banteng dimanfaatkan warga setempat untuk sekadar mencuci pakaian atau memandikan ternak. Sejak jembatan diperbaiki, kini dikembangkan dan menjadi salah satu tempat yang sejuk dan instagramable. Pengunjung juga bisa menikmati keasriannya sambil memberi makan ikan, bermain, atau mendayung sampan. 

 

Sumber Sugih Waras

Berbeda dari beberapa sumber air sebelumnya, Sumber Sugih Waras ini lebih cocok buat berenang dan berfoto underwater. Tersedia untuk dewasa, hingga anak-anak.

 

Selain sumber air alami, ada pula kolam renang, perlengkapan outbond hingga pondok wisata yang bisa digunakan sebagai tempat pertemuan atau rapat. 

 

Untuk menjangkau lokasi, dibutuhkan perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota. Tepatnya, di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih. 

 

Sumber Jiput

Satu lagi nih sumber yang dijadikan ekowisata, Sumber Jiput yang pernah disakralkan warga setempat. Lokasinya di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota (Kediri), sekitar 5 kilometer dari pusat kota dan bisa ditempuh sekitar 15 menit. 

 

Ada tiga kolam dengan fungsi masing-masing. Salah satunya buat kamu yang hobi memancing, bisa sesekali berkunjung ke Sumber Jiput. Ada pula kolam berisi ikan hias dan tempat kuliner bersama keluarga. 

 

Jadi, kalau ada rencana pelesir, ada baiknya memilih wisata air yang ada di kawasan Kediri.

 

PWNU Jatim Harlah