Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

LKNU di Sumenep Luncurkan Program Layanan Kesehatan Terpadu bagi Masyarakat

LKNU di Sumenep Luncurkan Program Layanan Kesehatan Terpadu bagi Masyarakat
Proses layanan kesehatan terpadu bagi masyarakat. (Foto: NOJ/Habib).
Proses layanan kesehatan terpadu bagi masyarakat. (Foto: NOJ/Habib).

Sumenep, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya tuntas. Di berbagai daerah justru fokus dengan penanganan wabah. Aktivitas sosial, pendidikan, ekonomi maupun lainnya masih belum bisa dijalankan dengan stabil seperti sediakala.

 

Sebagai upaya agar masyarakat tetap sehat, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura meluncurkan program Pelayanan Kesehatan Terpadu dan Berkala (Petandu Berka), yang terpusat di Kantor MWCNU setempat, Rabu (26/5/2021).

 

Ketua LKNU MWCNU Gapura, dr H Slamet Riadi menuturkan, bahwa program pelayanan kesehatan tersebut ditangani langsung oleh para ahli dan pakar yang berkompeten di bidangnya. Seperti, dokter gigi, perawat, bidan, praktisi akupresur dan analis kesehatan.

 

"Ikhtiar ini tentu agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin maksimal. Karena itu, kami hadirkan para dokter ahli di bidangnya," ungkap pria yang akrab disapa dr. Slamet tersebut dilansir pcnusumenep.or.id. 

 

Menurut Dokter yang juga tergabung di Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Sumenep ini, selain ada pemeriksaan untuk ibu hamil, pijat akupresur, pemeriksan gigi dan mulut, pihaknya juga memberikan pelayanan pemeriksaan cek gula darah, asam urat, dan kolesterol secara gratis.

 

"Sasaran kegiatan ini adalah bagi warga tidak mampu dengan kategori Ibu Hamil, anak-anak usia tiga sampai dua belas tahun, masyarakat yang memiliki keluhan nyeri lutut dan asyarakat yang memiliki masalah kesehatan lainnya," imbuh dr. Slamet.

 

Upaya yang dilakukan oleh dr. Slamet bersama para pengurus lainnya ini mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari KH Moh Alwi, selaku Ketua MWCNU Gapura. Bahkan pihaknya meminta agar terus hadir di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai manfaat yang diberikan.

 

"Petandu Berka adalah program yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Program ini tidak hanya terlaksana satu kali, tetapi berkala," ungkapnya.

 

Kegiatan ini juga semarakkan dengan adanya Stand Ramuan Herbal yang diproduksi secara mandiri oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Gapura, PAC Fatayat NU Gapura, dan Lembaga Kemashlahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) MWCNU Gapura.

 

Stand yang dibuka itu menyediakan banyak aneka ragam ramuan herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan supaya tetap fit.


Editor:
F1 Bank Jatim