Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lomba Tumpeng Turut Marakkan Harlah Fatayat NU di Madiun

Lomba Tumpeng Turut Marakkan Harlah Fatayat NU di Madiun
Dewan juri melakukan penilaian aneka tumpeng dalam rangka Harlah oleh PAC Fatayat NU Mejayan, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)
Dewan juri melakukan penilaian aneka tumpeng dalam rangka Harlah oleh PAC Fatayat NU Mejayan, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)

Madiun, NU Online Jatim

Bulan Ramadhan tidak menyurutkan semangat anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Terbukti pada Sabtu (24/04/2021) seluruh pimpinan ranting pengurus setempat semangat mengikuti acara khatmil Qur'an dan lomba tumpeng. Hal tersebut tentu saja dalam rangka memperingati hari lahir atau Harlah ke-71 Fatayat NU.

 

Kegiatan yang diikuti 14 Pimpinan Ranting fatayat NU tersebut diadakan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) sejak bakda Ashar.

 

“Acara khataman ini sengaja tidak mengundang hafidzhah dari luar, tapi langsung dibacakan oleh para anggota Fatayat NU sendiri. Sedangkan, lomba tumpeng diwajibkan semua ranting mengikuti,” kata Yuni Purwantiningsih.

 

Disampaikan Ketua PAC Fatayat NU Mejayan tersebut bahwa meski banyak ketua pimpinan ranting yang baru, tapi semangatnya tidak kalah dengan pengurus lama.

 

"Semua ranting benar-benar beradu kreatifitas di lomba tumpeng ini," ujarnya.

 

Lebih lanjut dikemukakan bahwa untuk khatmil Qur'an ini juga termasuk program kegiatan dari Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU, dan ditambah lomba tumpeng di PAC Mejayan.

 

"Jadi, selain acara khatmil Qur'an, kita juga tasyakuran dengan membawa tumpeng dari masing-masing ranting. Agar mereka semangat, maka tumpengnya kita lombakan. Alhamdulillah, tanggapan dari ranting juga sangat bagus," bangganya.

 

Yuni berharap, acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi di lain waktu, sehingga jadi tidak hanya di acara harlah. Demikian berdoa anggota Fatayat NU bisa bertambah banyak.

 

“Demikian pula PAC Fatayat NU Kecamatan Mejayan bisa lebih maju lagi," pungkasnya. 

 

Kegiatan tidak hanya dihadiri anggota Fatayat NU, tampak bergabung Ketua MWC NU, Ketua PAC Muslimat NU, serta Penasihat Fatayat NU Kecamatan Mejayan. Bahkan sejumlah tokoh tersebut berkenan diminta sebagai juri dalam lomba tumpeng. 

 

Hasil lomba tumpeng langsung diumumkan setelah shalat Maghrib berjamaah dan doa khatmil Qur'an. Yang mana pemenang lomba adalah juara dari ranting Mejayan, juara 2 dari ranting Wonorejo, selanjutnya ranting Sidodadi, Darmorejo , Kaligunting, Kaliabu. Para pemenang memperoleh uang tunai dan piagam. 

 

Penulis: Uyung Kurniawati, Mirna Nur Asyiah

​​​​​​​Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan