• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Kediri Raya

LPNU Blitar Usung Lima Program untuk Berdayakan Ekonomi Nahdliyin

LPNU Blitar Usung Lima Program untuk Berdayakan Ekonomi Nahdliyin
Sosialisasi program Tabana. (Foto: NOJ/Ika)
Sosialisasi program Tabana. (Foto: NOJ/Ika)

Blitar, NU Online Jatim

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) adalah lembaga yang bertugas melaksanakan program-progam NU di bidang ekonomi yakni pengembangan ekonomi warga NU. Dalam pelaksanaannya LPNU di daerah memiliki upaya masing-masing dalam meningkatkan perekonomian umat. Sama halnya dengan LPNU Kabupaten Blitar yang memiliki lima program unggulan.

 

Program pertama yang diusung LPNU Kabupaten Blitar adalah Ngaji Bisnis. Menurut Abdul Aziz, Ketua LPNU Kabupaten Blitar, Ngaji Bisnis , merupakan program rutin yang menggandeng lembaga lain untuk bekerja sama terkait dengan wirausaha yang tayang di AB TV setiap Selasa malam.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk minat berwirausaha di kalangan santri, dan nahdliyin,” katanya, Kamis (29/04/2021).

 

Kedua adalah Konsultasi dan Kontak Bisnis NU atau Konbisnu. Program ini merupakan layanan konsultasi perekonomian dengan pakar.

 

“Konbisnu merupakan layanan online, telepon, datang langsung ke kantor LPNU juga boleh yang dimana pada program ini LPNU memberikan fasilitas konsultasi di berbagai pakar, baik pakar packaging, pakar pemasaran, pakar perizinan, pakar perpajakan dan pakar mesin,” ungkapnya.

 

Tidak hanya itu, dalam membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), LPNU Kabupaten Blitar memiliki program Desa Wirausaha NU (Dewinu).

 

“Dewinu (Desa wirausaha NU) merupakan program yang dimana dalam satu desa tersebut mayoritas warga NU dan memiliki usaha kecil menengah,” ujarnya.

 

Di samping itu, untuk memberikan bekal kewirausahaan kepada para nahdliyin, LPNU Kabupaten Blitar mencanangkan program Wirausaha Kreatif Mandiri NU (Wiranu).

 

“Program ini dijalankan secara offline dan online melalui grup whatsapp. Sampai saat ini, Wiranu memiliki kurang lebih 300 orang yang akan didampingi dan dikawal terus oleh LPNU,” jelasnya.

 

Dan yang tidak kalah menarik adalah program Tabungan Nahdliyin (Tabana). Program ini merupakan tabungan untuk masyarakat dan yang ditabung bukan uang melainkan karak, batok kelapa, dan minyak jelantah.

 

“Program Tabana ini didesain berbasis ranting, yang nantinya setiap nahdliyin akan dipasang plakat Tabana. Meskipun program ini baru namun sudah menjadi perhatian nasional saat Rakernas LPNU di Bandung, dimana daerah lain ingin menduplikat program ini di daerahnya,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru