• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Pendidikan

LPPM Unisma Gelar Monitoring dan Evaluasi Program Hibah Institusi

LPPM Unisma Gelar Monitoring dan Evaluasi Program Hibah Institusi
Kegiatan Monev program hibah institusi Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Kegiatan Monev program hibah institusi Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Senin (31/05/2021) telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pogram Hibah Institusi Universitas Islam Malang (HI-ma) Tahun Anggaran 2020/2021. Universitas Islam Malang (Unisma) telah menggelontorkan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kalangan dosen. HI-ma demikian kita menyebutnya, istilah ini dikalangan kampus sangat popular.

 

“Kegiatan Monev ini merupakan serangkaian kegiatan tahapan penilaian oleh reviewer yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) seperti presentasi proposal, Monev, presentasi hasil penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang wajib diikuti oleh peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat pemenang HI-ma,” kata Nour Athiroh, Ketua LPPM Unisma, Senin (31/05/2021).

 

Kegiatan Monev HI-ma dilaksanakan di empat tempat yaitu Kantor LPPM Unisma, kantor Aswaja Center Unisma, Ruang Ketua LPPM Unisma, dan Ruang Sidang Rektorat. Pelaksanaan Monev HI-ma pada masa pandemi ini sudah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Program ini bertujuan agar para dosen Unisma terdorong untuk menyusun peta konsep penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan dituangkan dalam proposal penelitian yang terarah dan terukur output serta outcomenya.

 

Selain itu, Athiroh menjelaskan bahwa penyediaan dana internal Unisma untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diarahkan untuk beberapa hal.

 

“Pertama, dana tersebut untuk menumbuhkan budaya meneliti dan mengabdi kepada masyarakat yang berintegritas tinggi di lingkungan Unisma. Kedua, meningkatkan angka partisipasi dosen. Ketiga, meningkatkan kemampuan dosen dalam meneliti dan mengabdi agar mampu meraih hibah penelitian dari sumber eksternal baik nasional maupun internasional,” jelasnya

 

Keempat, mewujudkan keunggulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Unisma. Kelima, meningkatkan daya saing Unisma di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat nasional dan internasional. Dan keenam, meningkatkan kuantitas dan kualitas output dan outcome penelitian serta pengabdian kepada masyarakat Unisma dalam bentuk artikel-artikel yang terbit pada jurnal nasional dan internasional bereputasi. Serta artikel yang didesiminasikan pada seminar nasional dan internasional yang kredibel dan berkualitas, dan hak kekayaan intelektual.

 

Monev HI-ma diikuti oleh 120 peserta peneliti dan pelaksana penelitian masyarakat. Mereka presentasi mengenai kemajuan dari program HI-ma di depan reviewer. Pada kegiatan ini terdapat 20 reviewer yang berkompeten dan telah mempunyai sertifikat nasional.

 

“Adapun komponen penilaian dari kegiatan monitoring dan evaluasi mengenai laporan kemajuan dan progress janji luaran seperti publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional, bahan ajar, prosiding, hak cipta, paten, pemakalah forum ilmiah, dan publikasi media massa,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru