Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

LTMNU Sumenep Bakal Siapkan Teks Khutbah Jumat Berbahasa Madura

LTMNU Sumenep Bakal Siapkan Teks Khutbah Jumat Berbahasa Madura
Suasana rapat pengurus LTMNU Sumenep saat membahas program kerja, Rabu (02/12/2020). (Foto: NOJ/ Firdausi).
Suasana rapat pengurus LTMNU Sumenep saat membahas program kerja, Rabu (02/12/2020). (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Sebelum Musyawarah Kerja (Musyker) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, pengurus Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) menggelar rapat penyusunan program kerja selama 5 tahun kedepan, Rabu (2/12/2020) di auditorium PCNU, Jl. Trunojoyo No. 295 Kecamatan Batuan.

 

Acara yang dihadiri Irwan Sujatmiko, Wakil Sekretaris PCNU beserta pengurus lainnya ini berjalan penuh khidmah di tengah musim penghujan.

 

Rapat yang berlangsung mulai pukul 13.00 hingga 16.00 WIB ini menghasilkan sejumlah program kerja yang berpijak pada 8 isu srategis hasil halaqah dan lokakarya berdasarkan azas  kebutuhan warga NU. Kemudian ditetapkan di sidang komisi Konferensi pada bulan lalu.

 

Program kerja yang disepakati, mengadopsi dari program kerja LTM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan  Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Selain itu, program yang diputuskan oleh Wakit Norussalam merupakan tindak lanjut dari arahan Mustasyar PCNU tentang pentingnya pengurus NU untuk belajar kembali tentang tata cara shalat yang khusyuk dan sempurna.

 

Ketua LTM PCNU Sumenep tersebut mengamanahkan program, antara lain: pelatihan shalat sempurna ala Rasulullah SAW; pelatihan merawat jenazah; pelatihan khatib dan bilal; pembuatan teks khutbah Jumat berbahasa Madura; pendataan dan labelisasi  masjid atau mushalla; sertifikasi tanah wakaf masjid sebagai upaya penyelamatan aset NU; memfasilitasi berdirinya majlis taklim; memfasiitasi berdirinya Remaja Masjid (Remas); dan program bersih-bersih masjid.

 

“Demi tercapainya program tersebut, kami membuka ruang kerjasama kolaboratif untuk mensinergikan program kerja LTM dengan program kerja kepengurusan lembaga lainnya,” ujarnya.

 

 

Dirinya menyatakan siap untuk bersinergi dengan lembaga lainnya demi kemajuan PCNU. “Kami berharap kepada segenap pengurus untuk menyikapinya dengan sungguh-sungguh. Supaya hasil musyawarah ini tidak menjadi wacana belaka,” tandasnya.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah