Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

LTNNU Jatim: KH Agus Sunyoto Pahlawan Literasi Nusantara

LTNNU Jatim: KH Agus Sunyoto Pahlawan Literasi Nusantara
Almarhum KH Agus Sunyoto (kiri) dalam satu acara di Jawa Tengah. (Foto: suaranahdliyin.com)
Almarhum KH Agus Sunyoto (kiri) dalam satu acara di Jawa Tengah. (Foto: suaranahdliyin.com)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Talif wan Nasyr Nahdlatul Ulama  (LTNNU) Jawa Timur bakal menobatkan Ketua Pengurus Pusat (PP) Lesbumi almarhum KH Agus Sunyoto untuk dinobatkan sebagai Pahlawan Literasi Nusantara. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada dedikasi Kiai Agus Sunyoto dalam dunia literasi, terutama terkait perkembangan Islam di Nusantara.

 

Rencana penobatan Kiai Agus Sunyoto sebagai Pahlawan Literasi Nusantara disepakati dalam rapat konsolidasi PW LTNNU Jatim di kantor Pengurus Wilayah NU Jatim Jalan Raya Masjid Al Akbar Timur Surabaya pada Kamis (29/04/2021) malam.

 

Ketua PW LTNUNU Jatim, A Najib AR mengatakan, memang diperlukan adanya sebuah penghargaan terhadap tokoh NU. Salah satunya kepada KH Agus Sunyoto yang merupakan Pengasuh Pesantren Tarbiyatul Arifin Malang. Karya almarhum cukup banyak dan jejak yang tertulis tak akan mudah hilang.

 

Kiai Agus Sunyoto juga layak mendapatkan penghargaan karena dialah contoh kader NU yang berhasil dalam dunia literasi. PW LTNNU Jatim juga berencana menulis jejak dan peran literasi untuk mengenang kiprah KH Agus Sunyoto sebagai Ketua Lesbumi PBNU.

 

"Hal ini sebagai bentuk penghormatan LTNNU Jawa Timur atas kecintaan beliau terhadap literasi, seni, dan tokoh sejarah di Nahdlatul Ulama," kata Gus Najib.

 

"Semoga lahir santri potensial yang bisa mewarisi keilmuan beliau. Jasadnya meninggalkan dunia tetapi karyanya tetap abadi. Sebagai bekal lahirnya kader-kader cinta literasi, seni, sejarah dari kalangan NU," pungkas Gus Najib.

 

Penulis: Diah Rengganis

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)