Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Luar Biasa, Ranting NU di Ponorogo Salurkan Puluhan Juta Rupiah saat Muharraman

Luar Biasa, Ranting NU di Ponorogo Salurkan Puluhan Juta Rupiah saat Muharraman
Penyerahan santunan untuk yatim, fakir miskin, dan yatim di Desa Semanding, Jenangan, Ponorogo. (Foto: NOJ/Yoga)
Penyerahan santunan untuk yatim, fakir miskin, dan yatim di Desa Semanding, Jenangan, Ponorogo. (Foto: NOJ/Yoga)

Ponorogo, NU Online Jatim

Berharap berkah momentum 10 Muharram atau Muharraman, sejumlah badan otonom Nahdlatul Ulama dan Pemerintah Desa (Pemdes) Semanding, Jenangan, Ponorogo menggelar santunan yatim, piatu dan dluafa. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (29/8/2020) di Masjid Al-Falah.

 

Hj Nanik Priyanti selaku Ketua Pimpinan Ranting Muslimat NU Semanding mengatakan, kegiatan merupakan bentuk keharmonisan antara Pemdes dengan NU. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap fakir miskin dan anak yatim.

 

“Untuk total donasi yang diperoleh adalah Rp53.325.000,- dari Nahdiyin Semanding, baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri,” katanya.

 

Nanik sapaan akrabnya mengungkap uang tersebut selanjutnya diserahkan kepada dluafa sebanyak 80 orang, yang mengalami cacat 8 sebanyak orang, dan yatim 33 orang. Masing-masing dluafa menerima 200 ribu rupiah, yang cacat 400 ribu rupiah, serta anak yatim yakni 1 juta rupiah.

 

“Kegiatan yang kesekian kalinya ini mengingatkan kita bahwa salah satu prinsip NU adalah kemaslahatan. Dengan menyantuni anak yatim, berarti kita memberikan kebahagiaan kepada mereka,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Yoso selaku Kepala Desa Semanding dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedekah demi lancarnya kegiatan. “Mewakili Pemdes Semanding, semoga santunan ini bermanfaat bagi yatim piatu dan dluafa, berkah bagi yang bersedekah, sehingga kita dapat pahala di bulan 10 Muharram yang mulia ini,” tuturnya.

 

Bayu sebagai salah satu penerima santunan merasakan bahagia atas penerimaan santunan ini. "Senang rasanya, yang jelas dana ini sangat dibutuhkan untuk membeli perlengkapan sekolah (SD Negeri 1 Semanding). Semoga para donatur selalu diberikan kesehatan dan keberkahan," harap.

 

Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 di Masjid Al-Falah dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan arahan dari relawan Covid-19 Desa Semanding.

 

Kegiatan ini dihadiri Takmir Masjid Al-Falah, perwakilan pemerintah desa, dan para donatur. Tak ketinggalan lembaga dan Banom NU dari Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat NU, Muslimat NU,  dan IPNU-IPPNU desa setempat.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim