Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Luhut Ajak Ansor Jatim Kampanyekan Protokol Kesehatan

Luhut Ajak Ansor Jatim Kampanyekan Protokol Kesehatan
Suasana webinar PW GP Ansor dengan menghadirkan Luhut B Pandjaitan. (Foto: NOJ/BTn)
Suasana webinar PW GP Ansor dengan menghadirkan Luhut B Pandjaitan. (Foto: NOJ/BTn)

Surabaya, NU Online Jatim

Secara khusus, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan mengajak semua kalangan untuk peduli dengan penyebaran Covid-19. Bahkan Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur juga diharap memberikan kontribusi positif.

 

Pada saat yang sama, sejumlah strategi dilakukan pemerintah, termasuk perubahan perilaku serta deteksi awal penyebaran virus Corona, pembangunan pusat karantina dan isolasi, serta manajemen perawatan Covid-19. Hal tersebut akan difokuskan di sejumlah provinsi dengan kasus terbanyak.

“Oleh karena itu, saya minta kepada GP Ansor untuk dapat membantu kampanye protokol kesehatan kepada masyarakat, baik di setiap kegiatan keagamaan atau organisasi, dan juga membantu identifikasi kasus di masyarakat dan menyediakan tempat untuk karantina atau isolasi mandiri,” katanya, Senin (08/02/2021).

 

Luhut B Pandjaitan hadir pada diskusi  bersama PW GP Ansor Jawa Timur secara virtual bertajuk ‘Merawat Perdamaian untuk Pemulihan Ekonomi Nasional’.


Menko Luhut turut menjelaskan terkait penerapan UU Cipta Kerja yang dapat membantu kemudahan perizinan usaha masyarakat. Kemudahan yang akan didapatkan oleh masyarakat dalam sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah perizinan tunggal, pemberian fasilitas layanan bantuan dan perlindungan hukum, serta mekanisme pendaftaran secara online yang dapat mengurangi potensi adanya korupsi.

“Berbagai kemudahan ini diberikan oleh pemerintah, agar seluruh usaha masyarakat dapat berkembang secara merata,” tambahnya.

Kemudahan pembukaan UMK bagi masyarakat, disambut baik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Melalui adanya kemudahan ini, Pemerintah Daerah Jawa Timur akan mendorong masyarakat untuk mengembangkan ekonomi melalui format ekonomi kreatif atau penggarapan lahan yang dapat dipakai untuk tanam kopi dan cokelat,” jelasnya.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur, Syafiq Syauqi menjelaskan bahwa saat ini juga sedang mengembangkan usaha ekonomi kreatif bagi anggota di bidang kuliner, fashion, dan juga sinematografi.
 

Webinar ini juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin. Juga Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, Bupati Sidoarjo,  Ahmad Muhdlor Ali , dan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

“Saya minta GP Ansor Jawa Timur dapat bekerja kompak dengan pemerintah daerah untuk sama-sama berkoordinasi terkait usaha masyarakat yang bisa dikembangkan, sehingga dapat turut serta beperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tutup Menko Luhut. 


Editor:
F1 Promosi Iklan