Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Lulus di MI Miftahul Huda Jombang Harus Hafal Tahlil dan Juz Amma

Lulus di MI Miftahul Huda Jombang Harus Hafal Tahlil dan Juz Amma
Siswa kelas VI MI Miftahul Huda Perak, Kabupaten Jombang, saat penyematan tanda kelulusan. (Foto: jombang.nu.or.id.
Siswa kelas VI MI Miftahul Huda Perak, Kabupaten Jombang, saat penyematan tanda kelulusan. (Foto: jombang.nu.or.id.

Jombang, NU Online Jatim

Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Perak mengikuti ujian praktik amalan keagamaan yakni tahlil dan wirid, Senin (21/06/2021). Ujian digelar untuk mengetahui kemampuan siswa tingkat akhir dalam mengamalkan bacaan tahlil dan wirid menjelang kelulusan.

 

Tak hanya tahlil dan wirid, siswa juga diuji hafalan Juz Amma. Ketiganya merupakan amalan yang familiar bagi warga Nahdlatul Ulama yang mengamalkan Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.

 

Kepala MI Miftahul Huda Perak, Kabupaten Jombang, Nurivah Hidayati menjelaskan ada beberapa kriteria kelulusan bagi kelas VI di madrasahnya, yakni sikap, menyelesaikan ujian akhir dan ujian praktik, menyelesaikan pendidikan kelas I-VI, dan menuntaskan hafalan amalan keagamaan.

 

“Ujian ini dilakukan sebelum siswa kelas VI meninggalkan madrasah setelah mereka dinyatakan lulus,” kata Nurva dikutip dari jombang.nu.or.id, Selasa (22/06/2021).

 

Ia menambahkan, tes praktik ibadah dimaksudkan untuk memastikan ketiga amalan itu dapat dikuasai siswa sebelum mereka melepas statusnya sebagai siswa di MI Miftahul Huda Perak. 

 

Sementara itu, guru penguji hafalan, Sholihudin, berharap siswa dapat mengamalkan hafalannya di tengah masyarakat. Menurutnya, tahlilan, istighasah, dan hafalan Juz Amma  sudah sangat familiar di kalangan umat Islam, terutama yang menganut aliran Ahlussunnah wal Jamaah. 

 

"Semoga dengan adanya ujian ini, siswa bisa benar-benar hafal dan dapat menjadi bekal mereka saat sudah berada di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9