Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ma’arif NU Diharap Tingkatkan Mutu dan Kualitas Madrasah

Ma’arif NU Diharap Tingkatkan Mutu dan Kualitas Madrasah
Madrasah yang berada di bawah naungan LP Ma'arif NU hendaknya semakin berkualitas. (Foto: NOJ/
Madrasah yang berada di bawah naungan LP Ma'arif NU hendaknya semakin berkualitas. (Foto: NOJ/

Probolinggo, NU Online Jatim

Banyaknya lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Lembaga Pendikan (LP) Ma’arif NU, hendaknya dipandang sebagai peluang. Yakni bagaimana berupaya meningkatkan mutu dan kualitas.  

 

Harapan disampaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan, KH Syihabuddin Sholeh. Hal itu dikemukakan pada acara advokasi pendidikan dan penguatan integritas madrasah LP Ma’arif NU di Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (06/03/2021).

 

“Kami mengharapkan agar kegiatan ini mampu meningkatkan mutu dan kualitas lembaga pendidikan madrasah di Kabupaten Probolinggo, khususnya di bawah naungan LP Ma’arif NU Kota Kraksaan,” katanya.

 

Disampaikan pula bahwa diharapkan kegiatan yang ada mampu meningkatkan indeks pendidikan. “Hal itu sebagai upaya meningkatkan angka IPM atau Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

 

Mustasyar PCNU Kota Kraksaan, H Hasan Aminuddin mengatakan membangun integritas lembaga pendidikan bisa dilakukan dalam dua hal yakni yayasan dan para guru.

 

“Hal ini sangat penting upaya lembaga pendidikan NU ini menjadi pilihan para orang tua dalam mendidik anak-anaknya,” katanya.

 

Menurut Hasan, para guru yang ada di lembaga pendidikan ini harus memberi contoh kepada murid-muridnya sebagaimana Rasul Muhammad SAW. Karena maju dan tidaknya sebuah lembaga pendidikan tergantung dari gurunya.

 

“Mari kita bangun integritas lembaga pendidikan agar menjadi pilihan wali murid. Guru yang bertatap muka dengan anak didiknya harus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bahagia serta tidak membuat anak didiknya takut,” jelasnya.

 

Sementara anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur H Muzammil Syafi’i mengungkapkan saat ini sedang menyusun anggaran di Jawa Timur dan nanti akan ditutup April 2021.

 

“Di lingkungan NU saya melihat banyak madrasah yang butuh bantuan untuk memperbaiki sarana dan prasarana,” katanya.

 

Muzammil mengaku selama ini melihat sarana dan prasarana madrasah itu sangat minim sekali. Selanjutnya, kemampuan untuk membiayai proses pendidikan di madrasah itu sangat minim. Serta, adanya guru yang belum mempunyai kualifikasi yang memadai sehingga kualitas pendidikan di madrasah perlu ditingkatkan.

 

 “Kita berharap LP Ma’arif NU yang mengelola pendidikan di lingkungan NU mampu melihat isu strategis yang ada untuk menyusun program terbaik demi peningkatan pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

 

Kegiatan yang diikuti guru madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kota Kraksaan ini dihadiri Rais PCNU Kota Kraksaan, KH Wasik Hannan, Ketua PCNU Kota Kraksaan KH Syihabuddin Sholeh bersama jajaran pengurus, serta narasumber yakni Rektor Universitas Zainul Hasan, Abdul Azis Wahab.

Iklan promosi NU Online Jatim