• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Pendidikan

Mahasiswa Unisma Juara Kaligrafi Tingkat Nasional

Mahasiswa Unisma Juara Kaligrafi Tingkat Nasional
Wandi bersama karya kaligrafinya. (Foto: NOJ/humas)
Wandi bersama karya kaligrafinya. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Berada di tengah masa pandemi Covid-19,tak menjadi halangan mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) untuk terus mengukir prestasi. Yang terbaru adalah prestasi juara II lomba kaligrafi nasional dalam Festival Islami Soedirman secara daring.

 

Ialah Wandi, mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Unisma yang berhasil mengukir prestasi. Mahasiswa semester 5 ini bercerita bahwa lomba tersebut harus mengirimkan video proses pembuatan kaligrafi. Mulai konsep dasar, sketsa, hingga finishing yang harus dikumpulkan ke panitia lomba dan diringkas dengan maksimal durasi 3 menit.

 

”Total sekitar empat jam proses pengerjaannya. Tapi harus dipersingkat menjadi durasi tiga menit dari panitia,” kata mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz (JQH) Unisma ini, Rabu (02/12/2020).

 

Tak hanya itu, mahasiswa angkatan tahun 2018 ini mengaku sudah beberapa kali mengikuti lomba di bidang yang sama. Namun, raihan juara II level nasional baru didapatkan di lomba tersebut.

 

”Prestasi tertinggi ya ini. Sebelumnya masih di bawahnya,” terangnya.

 

Lebih lanjut, ada beberapa kriteria yang masuk dalam penilaian lomba tersebut. Di antaranya, kebenaran tulisan, kelengkapan huruf, imajinasi, perpaduan warna, serta like dan comment di media sosial.

 

”Tiap karya kaligrafi ada pesannya sendiri. Seperti ini pesan tentang perdamainan, karena sesama mukmin itu saudara,” pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira


Pendidikan Terbaru