Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Mahasiswi Unipdu Ciptakan Sistem Informasi Pengolahan Data

Mahasiswi Unipdu Ciptakan Sistem Informasi Pengolahan Data
Sella Miftaherlis Syahputri menciptakan sistem informasi pengolahan data. (Foto: NOJ/Adi)
Sella Miftaherlis Syahputri menciptakan sistem informasi pengolahan data. (Foto: NOJ/Adi)

Jombang, NU Online Jatim

Meskipun masih tercatat sebagai mahasiswa, namun tidak mengurangi mahasiswi ini untuk menciptakan inovasi. Di tengah kesibukan merampungkan studi, berhasil menciptakan sistem informasi pengolahan data. Hal tersebut untuk kelembagaan organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII.

 

“Sistem Informasi ini berisi tentang rekam jejak keanggotaan dan administrasi kelembagaan PMII yang diolah lewat aplikasi berbasis website yang bisa diakses setiap kader,” kata Sella Miftaherlis Syahputri, Senin (15/02/2021).

 

Mahasiswi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan, Jombang tersebut terinspirasi dari keaktifannya mengikuti organisasi ekstra kampus PMII. Dan gadis berusia 22 tahun tersebut ingin memberikan sesuatu yang terbaik untuk organisasi ekstra kampus itu.

 

"Sebagai seorang kader PMII, tentu saya ingin memberikan yang terbaik untuk organisasi. Meskipun ini tidak seberapa, semoga ini bermanfaat dan bisa digunakan oleh PMII se-dunia," ungkap Sella, sapaan akrabnya.

 

Ada berbagai keunggulan menggunakan sistem informasi yang dibuatnya. Salah satunya database kader yang selama ini menjadi problematika akan terselesaikan. Istimewanya, data bisa diakses dan digunakan untuk seluruh kader PMII.

 

“Karena yang ada di dalamnya aman dan yang bisa mengakses hanya kader PMII,” jelasnya.

 

Dikemukakan perempuan asli Mojokerto tersebut, sistem informasi bisa diisi sesuai kebutuhan PMII yang bisa langsung tersambung kepada wabsite dan aplikasi andriod.

 

Disampaikan pula bahwa yang diciptkan merupakan sistem sederhana yang user friendly, namun memiliki fitur sangat penting.

 

“Kader dan alumni dapat mengarsipkan rekam jejak selama berproses,” terangnya. Demikian juga kader dapat mengelola administrasi lembaga dengan cepat, mudah dan terarsip. Juga dapat mengelola agenda kegiatan, lanjutnya.

 

Diterangkannya bahwa apa yang dilakukan merupakan wujud rasa cinta dan bangga sebagai kader. Karena dalam pandangannya, hanya ini yang bisa diberikan kepada PMII.

 

“Semoga bermanfaat bagi orang banyak dan Pengurus Besar PMII sebagai induk dan pusat organisasi bisa memakai sistem yang saya buat ini," harap mahasiswi jurusan sistem informasi tersebut.

 

Dirinya juga berharap dengan sistem ini, kader PMII dapat memanfaatkan dengan baik. Karena berbicara melek teknologi, kader PMII wajib ikut serta mengikuti arus peningkatan yang ada.

 

Perlu diketahui bahwa sistem informasi yang diciptakan Sella sudah diujikan dalam skripsinya, Sabtu, (06/02/2021). Dirinya juga merupakan mahasiswa berprestasi dengan beasiswa. Juga mampu menyelesaikan studi dalam jangka waktu 3,5 tahun atau 7 semester saja.

 

Penulis: Adi

PWNU Jatim