Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Makam Mbah Wahab Tetap Buka, Peziarah Wajib Taati Prokes

Makam Mbah Wahab Tetap Buka, Peziarah Wajib Taati Prokes
Lokasi makam KH Wahab Chasbullah di Tambakberas Jombang. (Foto: NOJ/ Adi).
Lokasi makam KH Wahab Chasbullah di Tambakberas Jombang. (Foto: NOJ/ Adi).

Jombang, NU Online Jatim

Berbeda dengan wisata religi makam Gus Dur yang hingga kini masih tutup akibat pandemi Covid-19. Makam Pahlawan Nasional dan Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Chasbullah tetap buka dan bisa dikunjungi oleh siapapun.

 

Makam KH Abdul Wahab Chasbullah atau sering disebut Mbah Wahab ini letaknya memang jauh dari komplek pondok pesantren. Ini yang membuat salah satu alasan makam Mbah Wahab boleh diziarahi meski masih pandemi Covid-19.

 

Berbeda dengan Makam KH Hasyim Asy'ari, KH Bisri Sansyuri dan KH Romli Tamim yang letaknya dikawasan pondok yang dikawatirkan jika ada peziarah dari luar dikawatirkan menjadi penyebaran Covid-19 dilingkungan pondok pesantren.

 

Ketika hendak mengunjungi atau berziarah ke makam Mbah Wahab, peziarah juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Agar tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 dilingkungan atau area makam.

 

Seperti yang dilakukan Muhammad Faiz Hasan, mahasiswa asal Probolinggo ini sering ziarah ke makam Mbah Wahab untuk mencari keberkahan atas kewalian dari Mbah Wahab.

 

"Setiap Kamis malam Jum'at gini biasanya ziarah makam. Namun, dikarenakan pandemi jadi seringnya disini yang lain masih tutup," katanya kepada NU Online Jatim, Kamis (18/2/2021).

 

Menurutnya, berziarah makam merupakan sesuatu hal yang ada kenikmatan tersendiri bisa menenangkan hati, fikiran, jiwa dan raga. "Mumpung masih berada di Jombang, berziarah ke makam muassis atau pendiri NU bagi seorang santri seperti saya adalah wajib," terangnya.

 

 

Perlu diketahui untuk berziarah ke makam Mbah Wahab dimasa pandemi Covid-19 peziarah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dengan menerapkan 5M. Wisata religi ini juga buka selama 24 jam dan tanpa dikenai biaya masuk.

 

Penulis: Adi

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim