Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Makanan Khas Pasuruan Ini Jadi Incaran Masyarakat Luar Kota

Makanan Khas Pasuruan Ini Jadi Incaran Masyarakat Luar Kota
Ikan Lempuk khas Pasuruan. (Foto: NOJ/Faisol)
Ikan Lempuk khas Pasuruan. (Foto: NOJ/Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ikan Lempuk merupakan ikon khas Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Ikan Lempuk merupakan ikan mungil yang hanya bisa hidup dan dijumpai di perairan Danau Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan. Pada saat bulan Ramadlan, Ikan Lempuk menjadi buruan masyarakat lokal atau luar kota untuk dijadikan lauk pauk pada menu berbuka puasa dan sahur.

 

Amrina Rosyada selaku penjual Ikan Lempuk mengatakan jika ikan ini dijual secara online dan offline dengan rasa dan harga yang bervariasi.

 

"Penjualan Ikan Lempuk dilakukan secara online dan melapak. Adapun varian rasa dari Ikan Lempuk ini terdiri dari dua rasa yakni original dan pedas, sedangkan harganya sebesar Rp 17.000 dengan berat 100g, dan Rp 55.000 berat 350gr," katanya.

 

Ia menjelaskan bahwa pada bulan Ramadlan penjualannya cenderung meningkat. "Pada bulan puasa omzet penjualan Ikan Lempuk semakin meningkat. Hal ini di karenakan perkembangan ilmu teknologi yang signifikan sehingga masyarakat luar kota yang meliputi Surabaya, Semarang dan Lumajang membelinya secara online," jelas anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Grati tersebut.

 

Sementara itu, Abi selaku pembeli dari Lumajang mengungkapkan jika Ikan Lempuk wajib dicoba oleh penikmat kuliner.

 

"Ikan Lempuk ini termasuk ikan patut kita cicipi terutama pecinta kuliner. Rasanya kurang tepat jika kita tidak mencicipi ikan yang hidup di Danu Grati tersebut," ungkapnya kepada NU Online Jatim.

 

Ia juga berharap agar iklan Lempuk bisa diekspor ke luar kota atau luar negeri. "Kami harap Ikan Lempuk bisa diekspor supaya produk ikan ini bisa di kenal luas oleh kalangan masyarakat dalam negeri atau luar negeri," pungkasnya.

 

Penulis: Mokh Faisol

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim