Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Maksimalkan Ikhtiar Batin, RSI Unisma Gelar Doa Bersama

Maksimalkan Ikhtiar Batin, RSI Unisma Gelar Doa Bersama
Pengumuman kegiatan doa bersama RSI Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Pengumuman kegiatan doa bersama RSI Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) adalah salah satu rumah sakit berbasis Nahdlatul Ulama (NU) sadar akan pentingnya ikhtiar batin dalam berbagai hal. Dalam merespons hal tersebut, RSI Unisma menggelar doa bersama via zoom meeting setiap hari Jumat.

 

“Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, di samping dibekali dengan keilmuan, menjaga kesehatan diri dengan menjaga protokol kesehatan, maka setiap pegawai, pasien dan pengunjung rumah sakit kami ajak untuk senantiasa bertaqorrub ilallah,” kata Mahbub kholiduzen, Kepala Unit Kerohanian dan Ketakmiran, Jumat (22/01/2021).

 

Kegiatan doa bersama ini digelar sejak awal berdirinya RSI Unisma pada tahun 1994.

 

“Kami tidak pernah melupakan doa bersama sejak berdirinya RSI Unisma pada 1994. Pada awalnya kegiatan doa bersama ini rutin kami gelar satu bulan sekali berbarengan dengan kegiatan bulanan yaitu pertemuan seluruh pegawai. Namun belakangan ini rutin kami adakan satu kali dalam seminggu,” terangnya.

 

Menurutnya, pada kegiatan doa bersama yang digelar pukul 09.00 ini dilakukan pembacaan istighotsah dan ditutup dengan doa.

 

“Runtutan acaranya pun berupa pembacaan istighotsah dan langsung ditutup dengan doa,” ujarnya.

 

Dirinya optimis, dengan doa bersama ini, kebutuhan rohani seluruh stakeholder RSI Unisma akan terpenuhi.

 

“Kami yakin dengan terpenuhinya kebutuhan spiritual pegawai, maka akan semakin menambah sikap ramah, peduli dan sikap islami lainnya. Dimana hal ini sesuai dengan semangat dan motto kami yaitu RAPI (ramah, peduli, islami),” jelasnya.

 

Selain itu, bagi pasien dan keluarga, RSI Unisma memiliki program khusus dalam pendampingan kerohanian oleh petugas.

 

“Petugas kerohanian ini akan membimbing pasien dalam melaksanakan tayamum, wudlu, shalat bahkan sampai pada proses talqin pasien sakaratul maut,” pungkasnya.

F1 Promosi Iklan