Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Manfaatkan Potensi Laut, Pesantren di Banyuwangi Miliki Produk Kerang Krispi

Manfaatkan Potensi Laut, Pesantren di Banyuwangi Miliki Produk Kerang Krispi
Produk kerang krispi. (Foto: NOJ/oj)
Produk kerang krispi. (Foto: NOJ/oj)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pesantren Minhajut Tullab, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi memiliki produk unggulan kerang krispi. Komoditi kerang dipilih karena Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi dikenal dengan potensi laut yang melimpah. Tidak hanya itu, di daerah tersebut juga ada pelabuhan ikan terbesar se-Pulau Jawa, yaitu Pelabuhan Muncar.

 

Gus Ahmali, Pengurus Pondok Pesantren Minhajut Tullab mengatakan, bahwa mereka memanfaatkan potensi laut tersebut sebagai salah satu peluang usaha.

 

“Produk ini menjadi salah satu peluang usaha bagi pesantren,” katanya, Sabtu (23/01/2021).

 

Dirinya menegaskan, bahwa pemasaran produk ini masih di sekitar Muncar, Banyuwangi. Namun, pengurus juga menggunakan jaringan teknologi untuk pemasaran kerang krispi.

 

“Kami pemasaran juga di market place, selain itu juga dengan promosi melalui whatsapp dan facebook. Dan ada teman-teman komunitas sedang membuat market place sendiri,” terangnya.

 

Perkembangan produk ini juga mengalami tantangan, diantaranya adalah karena melibatkan banyak orang.

 

“Tentu saja menyamakan persepsi itu menjadi tantangan tersendiri,” ujarnya.

 

Gus Mahali juga mengungkapkan, bahwa produk kerang krispi milik pesantren ini memiliki keunggulan dari yang lain.

 

“Jika dibandingkan kerang di Muncar dengan kerang di daerah lain, kerang sini lebih enak. Kerang di sini juga tidak pernah habis,” pungkasnya.

PWNU Jatim Harlah