Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Mantap, Kolak Ayam Gumeno Gresik Kini Jadi Menu Buka Puasa di Hotel

Mantap, Kolak Ayam Gumeno Gresik Kini Jadi Menu Buka Puasa di Hotel
Kolak ayam khas warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/ Syafik Hoo/ Istmw)
Kolak ayam khas warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/ Syafik Hoo/ Istmw)

Gresik, NU Online Jatim

Kolak ayam menjadi ikon khususnya di Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Kolak ayam ini diyakini merupakan warisan leluhur atau sesepuh desa setempat, Sunan Dalem, salah satu putra Wali Songo, Sunan Giri.

 

Adapun pembuatan kolak ayam biasanya dilakukan warga Desa Gumeno setiap tanggal 22 Ramadlan atau lazim disebut sebagai malam telulikur. Warga Desa Gumeno selalu membuat kolak ayam bersama-sama untuk kemudian dinikmati bersama pula saat buka puasa di masjid yang ada di desa tersebut.

 

Dalam perkembangannya, kini kolak ayam telah menjadi menu makanan di hotel. Salah satunya di Hotel Aston Iin Gresik.

 

Executive Chef Hotel Aston Iin Gresik, Danang Dwi Lukito mengatakan, konsep kuliner khas Gresik memang menjadi salah satu unggulan di restoran hotelnya. “Jika mengenal kolak sebagai makanan yang manis, kolak buatan warga Desa Gumeno ini berbeda. Kolak ayam Desa Gumeno rasanya gurih legit dengan isian ayam kampung di dalamnya,” jelasnya.

 

Pada bulan Ramadlan ini, menu kolak ayam Gumeno ini bisa dirasakan saat buka puasa di restoran tersebut. Sajiannya tidak jauh berbeda dengan menu makanan lainnya. Hanya saja, kolak ayam ini pasti berbeda pada rasanya.

 

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah ketika mencoba kolak ayam Gumeno di hotel Aston Iin Gresik jadi terharu. “Ini kolak Gumeno ya, wah bagus,” ungkap Aminatun. Bagi dia, menu kuliner khas Gresik sudah layak naik kelas. “Karena cita rasanya sudah tidak diragukan lagi,” lanjut Ning Min sapaan akrabnya, Selasa (13/4/2021).

 

Sementara itu, General Manager Aston Inn Gresik, Paminta Nugraha menambahkan, pihaknya optiminis kunjungan saat Ramadlan di hotelnya akan mengalami peningkatan. “Kami optimistis kunjungan hotel selama Ramadlan naik hingga 300 persen saat Ramadlan,” jelasnya.

 

Untuk itu,  Aston Inn Gresik akan memberikan harga dan menu spesial buka puasa sepuasnya guna menggenjot revenue hotel. Strategi yang digunakan adalah kenaikan seperti anak tangga. “Setiap minggunya pengunjung disuguhkan dengan menu dan tema berbeda yang semakin meriah hingga lebaran tiba,” imbuhnya.

 

 

Ketua Fatayat NU Gresik Ainul Farodisa mengaku kaget ketika kali pertama buka puasa di hotel Aston Iin Gresik. “Menunya dari Gresik, nusantara hingga  Timur Tengah lengkap banget. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Aston sudah mengajak kader Fatayat NU untuk mencoba kuliner enak bikinan Aston Iin Gresik,” kata Ainul.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim