Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Mari Berdoa agar Hujan Tidak Menimbulkan Bencana

Mari Berdoa agar Hujan Tidak Menimbulkan Bencana
Barisan Ansor Serbaguna mengirimkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: NOJ/AM)
Barisan Ansor Serbaguna mengirimkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: NOJ/AM)

Sejumlah kawasan khususnya di Jawa Timur telah turun hujan. Bahkan intensitasnya mulai tinggi di akhir pekan dan liburan panjang ini. Dalam situasi seperti ini, kita khawatir pada bencana banjir karena debit air yang begitu tinggi.

 

Lantas, apa yang harus dilakukan? Selain mempersiapkan diri menjelang hujan dengan membersihkan selokan, mengeruk sedimentasi sungai dan gorong-gorong, kita juga dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

 

 اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

 

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

 

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.

 

 

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.
 

Iklan promosi NU Online Jatim