Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Marning Jagung, Bertahan di Tengah Gempuran Camilan Modern

Marning Jagung, Bertahan di Tengah Gempuran Camilan Modern
Marning jagung tidak lekang oleh zaman. (Foto: NOJ/OYo)
Marning jagung tidak lekang oleh zaman. (Foto: NOJ/OYo)

Surabaya, NU Online Jatim

Jagung goreng atau marning jagung merupakan salah satu jenis camilan khas Indonesia. Camilan yang memiliki rasa gurih dan renyah ini disukai oleh semua kalangan dan usia. Keberadaannnya kian melengkapi meja tamu kala lebaran seperti saat ini.

 

Sebagai camilan tradisional, marning kini menjadi oleh-oleh khas beberapa daerah. Salah satunya adalah Jawa Timur, tepatnya di Kota Probolinggo. Di kota yang terkenal dengan Kota Bayuangga ini terdapat sentra produksi marning jagung. Sentra tersebut berada di Kelurahan Kedunggaleng, Kecamatan Wonoasih. Sentra pembuatan marning di kelurahan ini sudah terkenal sejak tahun 1984, sebagaimana dilansir jelajahkampung.

 

Sentra ini bisa ditempuh dalam waktu 15 hingga 20 menit dari pusat kota. Di Kelurahan Kedunggaleng terdapat sekitar 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM yang berprofesi sebagai produsen marning. Tempat ini berkembang menjadi sentra marning jagung lantaran sebagian besar penduduk kelurahan merupakan petani.

 

Ketika mengunjungi sentra tersebut, tampak terlihat olahan jagung yang dijemur di halaman rumah para pelaku usaha marning. Sebagian jagung yang dijemur tampak sudah mengering dan siap digoreng. Produksi marning di kelurahan ini dijual ke pasar-pasar dan toko oleh-oleh di Kota/Kabupaten Probolinggo. Marning dipasarkan dalam berbagai kemasan.

 

Fara Queen, salah satu sentra pengolahan marning di Kelurahan Kedunggaleng, sudah membuat marning sejak tahun 2003. Mereka mengolah marning jagung dari hasil panen sawahnya sendiri. Selain dari lahan sendiri, bahan baku jagung juga didapat dari petani sekitar. Dalam tahun 2021, mereka sanggup memproduksi marning 6 kwintal perbulan. Namun, menjelang hari raya Idul Fitri, mereka sanggup memproduksi marning sebesar 3 ton dalam 1 bulan. Permintaan marning hampir dipastikan naik tiap tahunnya.

 

Cara Membuat Marning Jagung

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jagung marning renyah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan jagung marning renyah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah jagung marning renyah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat jagung marning renyah memakai 17 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan.

 

Bahan dan Bumbu yang Digunakan:

  1. 1 kg jagung tua kering
  2. 1/2 bungkus kapur sirih
  3. 1 sendok makan soda kue
  4. bumbu
  5. 50 gr cabe rawit
  6. 8 buah cabe kriting
  7. 10 siung bawang putih
  8. 10 siung bawang merah
  9. 1 ruas Jahe
  10. 1 ruas lengkuas
  11. 3 butir kemiri
  12. 1 batang sereh
  13. 3 lembar daun salam
  14. 3 lembar daun jeruk
  15. 2 bungkus penyedap (jika suka)
  16. 1/2 sdt garam
  17. 1 Liter minyak goreng

 

Cara Menyiapkan:

  1. Rendam jagung dengan kapur sirih selama 5 jam
  2. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis semua bumbu halus ditambah daun jeruk, daun salah, royco dan garam dengan api sedang. Tumis bumbu samapi harum.
  3. Setelah itu jagung yang sdh direndam tadi dicuci bersih lalu rebus dengan soda kue selama 2 jam atau sampai jagungnya mekar
  4. Bila sudah mekar, matikan api dan jagung segera ditiriskan
  5. Panaskan minyak dengan wajan di atas api sedang.
  6. Saat minyak panas, goreng jagung (semua jagung jangan dimasukan semua ke dalam minyak. Goreng dibagi dua) tanda jagung sudah garing dan siap diangkat apabila tekstur jagung sudah ringan dan mengapung di minyak.
  7. Setelah semua jagung selesai digoreng.
  8. Haluskan semua bumbu kecuali royco, garam, daun jeruk dan daun salam (bisa diulek, bisa juga diblender)
  9. Setelah itu kecilkan api dan masukan jagung. Aduk sampai smua bumbu tercampur rata.
  10. Setelah merata, dinginlan jagung terlebih dahulu sebelum dibungkus.

 

Selamat menikmati marning jagung yang tidak kalah dengan camilan modern.

Bank Jatim (31/7)