Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Masjid Al-Akbar Surabaya Kembali Terima Kurban Sapi Presiden

Masjid Al-Akbar Surabaya Kembali Terima Kurban Sapi Presiden
Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo saat di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: NOJ/Ist).
Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo saat di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: NOJ/Ist).

Surabaya, NU Online Jatim

Pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah tahun ini, Presiden RI Joko Widodo menunaikan kurbannya di sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya sapi kurban yang dipercayakan kembali untuk disembelih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

 

Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Helmy Muhammad Noor mengatakan, sapi jenis Limousin tersebut tiba di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Ahad (18/07/2021) sore. Direncanakan, sapi tersebut akan disembelih pada H+1 Hari Raya Idul Adha atau pada Rabu (21/07/2021).

 

Helmy menambahkan, bahwa sapi kurban milik Presiden Jokowi tersebut selama tiga hari akan dirawat di halaman masjid, akan ada 6 petugas khusus yang disiagakan untuk menjaga.

 

"Secara bergantian, mereka akan menjaga sapi selama 24 jam," ujar Helmy.

 

Disebutkan, bahwa sapi kurban tersebut memiliki berat 1.242 kilogram atau lebih dari 1,2 ton. Sementara lingkar dada 235 centimeter, panjang badan 194 centimeter, tinggi gumba 154 centimeter, dan lebar pinggul 71 centimeter.

 

"Sapi tersebut dibeli dari seorang peternak lokal asal Desa Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolingg bernama Dandy Narindra Prabowo," imbuh Helmy.

 

Di Masjid Nasional Al-Akbar sendiri, selain sapi kurban milik Presiden Jokowi, juga akan dilakukan penyembelihan sapi kurban milik Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Wakil Gubernur Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, dan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya.


Editor:
F1 Promosi