Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Maulid Nabi dan Lailatul Ijtima' adalah Tradisi NU yang Wajib Dijaga

Maulid Nabi dan Lailatul Ijtima' adalah Tradisi NU yang Wajib Dijaga
Maulid Nabi PCNU Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/Anita)
Maulid Nabi PCNU Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/Anita)

Probolinggo, NU Online Jatim

Perayaan Maulid Nabi memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Semua orang pasti berbahagia menyambut hari lahirnya Sang Revolusioner dunia yaitu Rasulullah SAW. Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW telah menjadi tradisi tersendiri di kalangan jamaah Nahdlatul Ulama, tak terkecuali di Kota Probolinggo.

 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Probolinggo menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad serta Lailatul Ijtima' pada Minggu 1/11/2020. Lailatul Ijtima' yang merupakan agenda rutin setiap bulan oleh PCNU Probolinggo bertepatan dengan bulan dilahirkannya Rasulullah menjadi salah satu alasan diadakannya kegiatan tersebut.

 

Bapak H Samsur, Ketua PCNU Kota Probolinggo menyatakan bahwa maulidurrosul kali ini dimeriahkan oleh tim hadrah dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

 

"Maulidurrosul kali ini dimeriahkan tim hadrah dari rekan Pengurus Anak Cabang (PAC) IPNU," ujarnya. 

 

Terkait Lailatul Ijtima' yang menjadi kebiasaan NU, beliau memaparkan bahwa tradisi tersebut adalah tradisi baik yang perlu dijaga. Dan PCNU Kota Probolinggo menggelar dengan rutin kegiatan tersebut sejak awal kepengurusan.

 

"Kami melanjutkan tradisi yang sudah menjadi tradisi baik di kalangan NU, yaitu Lailatul Ijtima'. Setiap bulan kami gelar secara rutin di setiap Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU)," terangnya.

 

Selain itu, Beliau juga menyatakan bahwa penguatan ajaran ahlussunah wal jamaah tersebut perlu diperluas hingga tingkat ranting.

 

"Kami pada tahun 2021 berkomitmen bahwa kegiatan Lailatul Ijtima' perlu diadakan pada tingkat ranting. Karena kegiatan ini termasuk pada penguatan ajaran ahlussanah wal jamaah."

 

Di akhir penjelasannya, Ketua PCNU Kota Probolinggo berharap bahwa kegiatan semacam ini adalah upaya untuk meningkatkan eksistensi NU di tengah masyarakat.

 

 

Penulis : Anita

Editor : Risma Savhira


Editor:
F1 Bank Jatim