Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

MAUWH Tambakberas Jombang, Madrasah dengan Aneka Kelebihan

MAUWH Tambakberas Jombang, Madrasah dengan Aneka Kelebihan
Kegiatan di halaman MAUWH Tambakberas, Jombang. (Foto: NOJ/ISt)
Kegiatan di halaman MAUWH Tambakberas, Jombang. (Foto: NOJ/ISt)

Jombang, NU Online Jatim

Setiap madrasah maupun lembaga pendidikan formal berupaya mewujudkan yang memang menjadi harapan. Karenanya, sejumlah terobosan dilakukan demi mencapai keinginan dimaksud.

 

Hal tersebut sebagaimana yang juga dilakukan Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh atau MAUWH. Madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang tersebut setidaknya membawa sejumlah visi.

 

“Visi madrasah ini adalah terwujudnya generasi pintar, benar, profesional, peduli lingkungan, serta takwa kepada Tuhan,” kata Ustadz Faizun, Rabu (26/05/2021).

 

Kepada NU Online Jatim, Kepala MAUWH Tambakberas tersebut memberikan penjelasan lebih rinci.


“Pintar berarti unggul dalam bidang keilmuan atau alim,” terang Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.nya.

 

Ada tiga bidang keilmuan yang menjadi karakter MAUWH yaitu unggul bahasa (Arab-Inggris), unggul menulis serta unggul keilmuan (akademik) sesuai dengan skill dan progam yang diminati.

 

Sedangkan benar berarti unggul dalam kepribadian. “Yakni pribadi yang mengenal dan menunaikan hak Allah, hak hamba-Nya, serta hak alam semesta yakni salih,” ungkapnya.

 

Untuk menjadi pribadi yang benar atau salih, ada tiga sikap yang harus dimiliki. Yaitu salih spiritual, salih sosial, dan salih lingkungan.

 

“Ketiga sikap ini akan membentuk pribadi muslim yang rahmatan lil alamin,” terang dia.

 

Bagaimana dengan profesional? Yakni kecakapan khusus dalam menjalankan sesuatu sesuai dengan keahliannya.

 

“Profesionalitas merupakan out put atau hasil dari rangkaian proses pembentukan peserta didik menjadi manusia yang alim dan salih, tentunya dengan daya dukung seumber daya manusia serta manajemen kelembagaan yang dikelola secara profesional,” kata pria asli Lamongan itu.

 

Rangkaian dari semua proses di atas akan melahirkan generasi yang sempurna (kamil) baik dari segi pengetahuan, sikap dan juga keterampilan.

 

Makna peduli lingkungan merupakan penekanan dari salih lingkungan yang telah tercover pada klausa ‘benar’ pada visi di atas.

 

“Peduli lingkungan merupakan sikap menghargai lingkungan dengan cara melakukan segala upaya yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan serta menghindari segala hal yang berpotensi pada terjadinya kerusakan lingkungan,” jelasnya .

 

Untuk takwa pada Tuhan adalah nilai yang melandasi setiap aktivitas mulai dari unsur pendidik, tenaga kependidikan, pegawai hingga peserta didik.

 

“Dengan nilai ini semua aktivitas yang dilakukan semata-mata diniatkan karena mengharap ridla Allah, serta dilakukan dengan penuh kesungguhan karena kesadaran bahwa semua adalah amanah yang kelak akan dipertanggung jawabkan di akhirat,” pungkasnya.

 


Editor:
F1 PWNU Jatim