Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

MDS Rijalul Ansor Ansor di Sidoarjo Gelar Sahur on the Road

MDS Rijalul Ansor Ansor di Sidoarjo Gelar Sahur on the Road
Suasana tabarukan Ansor dan MDS Rijalul Ansor Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo di makam Mbah Hamid. (Foto: NOJ/Yuli R)
Suasana tabarukan Ansor dan MDS Rijalul Ansor Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo di makam Mbah Hamid. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tabaruk atau ngalap berkah adalah salah satu bentuk praktik tawasul yang diperintahkan di dalam Al-Qur’an dan telah dilakukan oleh salafus saleh, orang-orang saleh terdahulu.

 

Dalam momentum peringatan Hari lahir (Harlah) ke-87 kali ini, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor (RA) Ranting Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo melakukan tabarukan ke makam KH Abdul Hamid atau Mbah Hamid, Sabtu (01/05/2021).


“Semoga dengan bertabarukan di makam almaghfurlah KH Abdul Hamid ini, Allah menurunkan rahmat-Nya serta memberikan ketenteraman batin kepada kader Ansor-Banser Ranting Jumputrejo, sehingga bisa istiqamah dan sabar dalam berkhidmah di organisasi,” kata M Yulianto, Ketua Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Jumputrejo, kepada NU Online Jatim.

 

Sementara itu, Ketua MDS Rijalul Ansor Ranting Jumputrejo Bahrul Ulum menerangkan, acara tabarukan ini dikemas dalam acara ‘Sahur on the road’ dan ziarah ke makam KH Abdul Hamid dan Sayyid Arif Segoropuro. Diikuti oleh Ketua PR GP Ansor Jumputrejo, pembina, dan puluhan anggota Ansor-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dengan mengendarai lima mobil.

 

“Mbah Hamid semasa hidupnya adalah sosok ulama yang kharismatik, bukan hanya karena kedalaman ilmu yang dimilikinya, akan tetapi juga karena keluhuran budi, kesabaran dan kema’rifatannya. Beliau juga terkenal ahli tasawuf dan menjadi manusia utuh yang menghargai manusia sebagai manusia,” terang Ulum, sapaan akrabnya.

 

Ditegaskannya, tujuan tabarukan ini untuk menambah motivasi dan kecerdasan spiritual (spiritual quotient, atau SQ) kader Ansor-Banser Ranting Jumputrejo.

 

“Dalam berkhidmah di organisasi GP Ansor sebagai pelayan Nahdlatul Ulama dan Nahdliyin,” tegasnya.

 

Lebih lanjut, Ulum mengungkapkan, sebagai kader Ansor dirinya mengaku sangat bangga, setelah mengetahu bahwa salah seorang cucu Mbah Hamid, yakni HM Nailur Rohman (Gus Amak) kini menjadi Ketua Pimpinan Wilayah (PW) MDS Rijalul Ansor Jawa Timur.

 

“Gus Amak adalah sosok kader muda NU yang pintar, inovatif dan memiliki charisma, selain itu juga energik dan multi talenta. Semoga Gus Amak selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam berkhidmah di PW Rijalul Ansor Jatim, serta bisa istiqamah meneruskan perjuangan kakeknya,” harapnya.

 

Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan