• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Tapal Kuda

Melalui Doa Bersama, NU Banyuwangi Ajak Kawula Muda Teladani Gus Im

Melalui Doa Bersama, NU Banyuwangi Ajak Kawula Muda Teladani Gus Im
Almaghfurlah, H Hasyim Wahid atau Gus Im. (Foto: NOJ)
Almaghfurlah, H Hasyim Wahid atau Gus Im. (Foto: NOJ)

Banyuwangi, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bekerja sama dengan NU Online Banyuwangi menggelar tahlil dan doa bersama almarhum H Hasyim Wahid (Gus Im). Kegiatan berlangsung di NU setempat, Senin (3/8). 

 

Kegiatan dilangsungkan sebagai media mencari berkah dan meneladani jejak perjuangan Gus Im dalam merawat dan juga menjaga kondusifitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Wakil Sekretaris PCNU Banyuwangi, Anang Lukman Afandi menjelaskan, doa bersama malam itu merupakan cara kawula muda mengais loberan berkah. 

 

"Ditambah melalui doa bersama, ini adalah upaya bersama melanjutkan sebagian cita-cita Gus Im," kata Anang yang juga Direktur NU Online Kabupaten Banyuwangi.

 

Anang menyebutkan, di luar circle kegiatan semalam ada banyak puluhan ribu santri dan masyarakat, daerah Jombang khususnya yang istikamah berkirim doa ke almarhum. 

 

"Maka, saya inisiasi doa bersama ini untuk kita mencari loberan dakwah dan berkah dari sosok Gus Im," ujar Anang mengakhiri keterangan.

 

Sementara bagi Puji Utomo, sosok putra bungsu KH Wahid Hasyim merupakan pembelajar yang kuat. 

 

"Awal perjumpaan dengan beliau di tahun 2007. Kepopuleran di kalangan aktivis sangat tinggi. Tokoh kelahiran 30 Oktober 1953 kerap kali menemani diskusi di Wahid Institut,” jelasnya.

 

Dijelaskan pula bahwa almaghfurlah beribacara dalam aneka topik. Misalnya tentang kebudayaan, kebangsaan, keberagaman, dan tema penting lainnya. 

 

“Sangat berkesan ketika mendapatkan kesempatan berdiskusi dengannya," ujarnya.
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru