Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Melihat Upaya Kader Bangkalan Jadikan Madura Bumi Nahdlatul Ulama

Melihat Upaya Kader Bangkalan Jadikan Madura Bumi Nahdlatul Ulama
Banner yang dipasang kader NU Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Selasa (23/03/2021). (Foto: NOJ/ Abdullah Hafidi).
Banner yang dipasang kader NU Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Selasa (23/03/2021). (Foto: NOJ/ Abdullah Hafidi).

Bangkalan, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Labang Kabupaten Bangkalan melakukan pendampingan terhadap gerak langkah dan inisiatif seluruh kader NU setempat dalam pemasangan banner ucapan selamat datang di area jembatan Suramadu sisi Madura, Selasa (23/3/2021).

 

Pemasangan banner yang dilakukan kurang lebih pada pukul 23.00 WIB ini dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat. Di antaranya Husni dan H Zahri. Adapun isi dari banner tersebut yaitu ‘Selamat Datang di Pulau Madura, Anda Memasuki Bumi Nahdlatul Ulama.

 

KH Akrom Umar, Ketua MWCNU Labang menyatakan bahwa tujuan dipasangnya banner ini adalah untuk membentengi akidah masyarakat Madura. Khususnya masyarakat di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan agar tidak keluar dari Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah.

 

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kader NU khususnya Labang dalam pemasangan banner ini. Semoga menjadi langkah serius untuk membentengi akidah masyarakat agar tetap berpegang teguh pada Ahlussunnah wal Jamaah yang berafiliasi ke NU,” ucap Kiai Akrom penuh semangat.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bar Sukolilo Timur Kecamatan Labang ini menegaskan bahwa keluarga besar NU khususnya Labang menyambut terbuka bagi siapapun yang datang ke Pulau Madura.

 

“Kami welcome bagi siapapun yang datang ke Madura, yang dapat bersinergi dengan NU baik dari segi budaya, ekonomi, dan peradaban kedepan,” tutur kiai yang juga pimpinan Badan Silaturrahim Masyarakat Labang atau Basmala tersebut.

 

Di tempat terpisah, apresiasi juga datang dari KH Idul Fitri, Koodinator Bidang Pengkaderan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan.

 

“Saya menyambut positif terhadap gerak langkah yang dilakukan oleh Kader NU Labang dalam pemasangan banner ini, semoga ke depannya NU turut hadir dan berpartisipasi aktif dalam ikut menentukan pembangunan di Madura khususnya di wilayah kaki Suramadu,” tutur Kiai Id demikian sapaan akrabnya.

 

Bentuk penegasan identitas Madura sebagai Bumi Nahdlatul Ulama ini, lanjut Kiai Id tentu dalam hal pembangunannya agar selalu menjunjung tinggi adab kesantrian, pembangunan yang berorientasi pada akhlakul karimah.

 

“Turut hadirnya NU dalam menentukan arah pembangunan khususnya di wilayah kaki Suramadu ini harus benar-benar berakhlak, semisal dalam pembangunan tempat wisata yang religius,” tegasnya.

 

 

Dengan demikian, lanjut Kiai Id, isyarat tongkat Nabi Musa yang diberikan oleh Syaikhona Kholil kepada Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari ini benar-benar nyata dilemparkan ke masyarakat. Khususnya warga NU atau Nahdliyin di Kecamatan Labang dalam bentuk program-program yang membangun dan positif.

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9