• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Menara 17, Gedung Baru PWNU Jatim yang Mulai Dibangun

Menara 17, Gedung Baru PWNU Jatim yang Mulai Dibangun
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dalam acara peletakan batu pertama Gedung Menara 17 PWNU Jatim di Surabaya, Ahad (03/10/2021). (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dalam acara peletakan batu pertama Gedung Menara 17 PWNU Jatim di Surabaya, Ahad (03/10/2021). (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Surabaya , NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur bakal punya gedung baru 17 lantai. Namanya Menara 17 PWNU Jatim. gedungnya di halaman parkir sisi utara kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Al-Akbar Surabaya . Peletakan batu pertama dilaksanakan pada Ahad (03/10/2021) ini, masuk dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional.

 

Hadir dalam peletakan batu pertama, di antaranya, KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU ; Nizar , Sekretaris Jenderal Kementerian Agama; KH Agoes Ali Masyhuri Wakil Rais PWNU Jatim; KH Marzuki Mustamar Ketua PWNU Jatim; Abdul  Halim Iskandar , Menteri Desa; Emil Dardak , Wakil Gubernur Jatim; Kusnadi , Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur, dan nomor pengurus dan kiai lainnya.

 

Acara dimulai dengan membaca surat Alfatihah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubbanul Wathan . Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Matorurrozaq Ismail selaku Ketua pelaksana pembangunan menjelaskan, Menara 17 PWNU Jatim dibuat dengan desain yang diadopsi dari tiga pilar NU, yaitu Nahdlatul Wathan , Tashwir Al- Afkar , dan Nahdlatut Tujjar .

 

Karena itu, kata dia, bentuk belakangan ini tiga menara. Adapun 17 lantai diambil dari angka kemerdekaan RI. Hal itu menunjukkan komitmen NU terhadap NKRI. Gedung didirikan di atas lahan seluas 2.100 meter per segi.

 

Di dalam gedung terdapat banyak ruang di setiap lantainya. Ada ruang khusus PWNU Jatim dan banom serta lembaga, juga ada ruang khusus untuk PCNU - PCNU , juga ada lantai khusus parkir kendaraan. “Ada juga klinik rumah sakit spesialis, tenaga kesehatannya disiapkn dari Asosiasi Dokter NU,” ujar Matorurrozaq Ismail.

 

Penulis: Boy Ardiansyah


Metropolis Terbaru