• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Mendesak, Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di Pesantren

Mendesak, Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di Pesantren
Perhatian PCNU Kabupaten Pasuruan terhadap santri yang akan kembali ke pesantren. (Foto: NOJ)
Perhatian PCNU Kabupaten Pasuruan terhadap santri yang akan kembali ke pesantren. (Foto: NOJ)

Pasuruan, NU Online Jatim
Hingga kini telah beredar kasus baru Covid-19 di lingkungan pesantren di Jawa Timur. Karenanya, segala ikhtiar harus dilakukan demi memastikan penyebaran virus tersebut tidak terjadi. Terutama di pesantren yang memang memiliki banyak santri yang tengah belajar agama.

 

Karenanya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan segera membentuk sub gugus tugas penanganan Covid-19 untuk pondok pesantren. Pada saat yang sama akan dibentuk pula gugus tugas di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU yang ada di setiap kecamatan. 

 

“Semua ini sebagai langkah percepatan dalam antisipasi dan penanganan Covid-19 di pondok pesantren,” kata KH Imron Mutamakkin, Ahad (12/7) malam.

 

Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut menjelaskan hal ini usai memipin rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19. Kegiatan berlangsung di ruangan syuriyah kantor NU setempat.

 

"Kita perlu antisipasi agar tidak sampai ada kasus baru Covid-19 di pondok pesantren di Pasuruan, mengingat sebagian besar santri sudah balik ke pondok pesantren dan bahkan ada beberapa yang telah memulai proses belajar mengajar," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Gus Ipong, sapaan akrabnya, mendorong agar Gugus Tugas Covid-19 PCNU Kabupaten Pasuruan melalui Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan harus membentuk sub-gugus tugas untuk penanganan Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

 

"Kita harapkan ada kerja sama antara Satgas Covid-19 PCNU bersama gugus tugas dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan terutama di tingkatan pesantren. Selain itu, agar dalam waktu dekat dilakukan pembentukan gugus tugas di tingkat MWCNU,” tegas Pengasuh Pondok Pesantren Besuk tersebut.

 

Diharapkan dengan penanganan yang intensif tersebut dalam setiap kegiatan hingga tingkatan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas edukasi. Yakni dalam penerapan protokol kesehatan.

 

Apa yang disampaikan Ketua PCNU Kabupaten tersebut akan segera ditindaklanjuti Tim Satgas Covid-19 PCNU Kabupaten Pasuruan. Selain akan segera berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Pasuruan, juga sudah menjadwalkan kegiatan sosialisasi penanganan Covid-19 di pesantren.

 

"Dalam waktu dekat, tim akan melakukan sosialisasi kepada beberapa pondok pesantren di Kabupaten Pasuruan sesuai dengan anjuran yang ada,” kata KH Saiful Anam Halim, Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan.

 

Kontributor: Makhfud
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru