Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Menikah Tak Cukup hanya Modal Cinta, di Milenial Ngaji Virtual bakal Dikupas

Menikah Tak Cukup hanya Modal Cinta, di Milenial Ngaji Virtual bakal Dikupas
Milenial Ngaji Virtual. (Foto: NOJ)
Milenial Ngaji Virtual. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim

Angka pernikahan dini di Jawa Timur masih tinggi. Hal itu sepertinya berkorelasi dengan angka perceraian di Jatim yang juga tak turun-turun. Ketidakharmonisan dan ketidaksiapan secara ekonomi jadi faktor utama. Akibatnya, tujuan pernikahan tak tercapai dan ujung-ujungnya bercerai.

 

Berdasarkan data dari Pengadilan Tinggi Agama Jatim yang diterima Seksi Kantor Urusan Agama dan Keluarga Sakinah Kanwil Kementerian Agama Jatim, sebanyak 12.460 anak di bawah umur di Jatim menikah pada tahun 2020. Rinciannya, 3.078 anak laki-laki dan 9.302 anak perempuan.

 

“Yang dimaksud anak di bawah umur itu usia 19 tahun ke bawah,” kata Kasi Pemberdayaan KUA dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag Jatim Farmadi Hasyim dihubungi NU Online Jatim, Kamis (17/06/2021).

 

Di sisi lain, lanjut Wakil Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Jatim itu, angka perceraian pasangan suami istri di Jatim juga tinggi. Sepanjang tahun 2020, sebanyak 18.034 perkara cerai masuk dan disidangkan di pengadilan agama di 38 kabupaten/kota. Dari jumlah itu, 9.386 perkara di antaranya diputus cerai oleh pengadilan.

 

Farmadi mengatakan, sebetulnya sosialisasi dan edukasi tentang pernikahan sudah dilakukan secara berkelanjutan oleh Kemenag melalui KUA-KUA. Tujuan pernikahan bekal lahir dan batin yang perlu dipersiapkan dan semacamnya disampaikan sebelum pasangan melangsungkan akad nikah. Itu dilakukan untuk meminimalisasi pernikahan dini dan angka perceraian.

 

Nah, soal itu semua bakal dikupas tuntas di acara Milenial Ngaji Virtual oleh NU Online Jatim pada Jumat (18/06/2021) malam nanti, dimulai pukul 19.00 WIB. Temanya: Milenial Hendak Menikah, Cukupkah Berbekal Cinta?. Ngaji tersebut akan disiarkan langsung di akun Instagram dan Facebook NU Online Jatim.

 

Dipandu redaktur NU Online Jatim Risma Shavira, dua pemateri dihadirkan di Milenial Ngaji Virtual, yakni Kasi Kasi Pemberdayaan KUA dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag Jatim, Farmadi Hasyim, dan Direktur Nikah Institute dan founder Fikih Pernikahan, Nurul Hidayati.

 

So, cukupkah menikah hanya bermodal cinta?

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Bank Jatim