Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Menikmati Dataran Tinggi Jember dari Lereng Gunung Argopuro

Menikmati Dataran Tinggi Jember dari Lereng Gunung Argopuro
Puncak Badean Jember. (Foto: NOJ/sn)
Puncak Badean Jember. (Foto: NOJ/sn)

Jember, NU Online Jatim
Hal yang cukup menonjol di Jember adalah bermunculannya sejumlah potensi desa untuk dijadikan tempat pariwisata daerah. Dalam beberapa waktu ini, berbagai kalangan seakan berlomba memunculkan destinasi wisata alami. Banyaknya pilihan tersebut menjadikan kawasan Tapal Kuda ini dapat dijadikan sebagai jujugan untuk bersantai melepaskan penat.

 

Salah satu tempat pariwisata baru yang direkomendasikan adalah Puncak Badean yang berada di Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari. Untuk mendatangi tempat ini, butuh waktu sekitar tiga puluh menit dari pusat kota.

 

Tempat wisata yang baru diresmikan Wakil Bupati Kabupaten Jember pada bulan Oktober lalu bertujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian dari sektor pariwisata.

 

“Diharapkan tempat pariwisata ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jember,” ucapnya.

 

 

Sesuai dengan namanya, tempat pariwisata ini berada di dataran tinggi yang membuat udara di sekitarnya sejuk dan dingin. Ditambah lagi aliran sungai yang masih alami dengan batu-batu apungnya turut menambah indah suasana.

 

Biasanya pengunjung ramai mendatangai tempat ini pada akhir pekan atau hari libur nasional. Tidak jarang, Puncak Badean dijadikan rute bagi para pesepeda. Karena saat berada di sini, mereka bisa melepas lelah dengan sekadar duduk di gazebo atau bermain air di sungai. Hal ini selaras dengan ungkapan salah satu pengunjung saat dikonfirmasi kala berada di lokasi.

 

“Kami biasanya bersepeda ke sini dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari kota. Sampai disini rasa lelah hilang seketika dengan melihat pemandangan yang masih alami dan asri,” terangnya.

 

 

Gunung Argopuro menjadi latar belakang pemandangan alam sehingga sangat bagus digunakan untuk berfoto. Bagi yang berminat singgah di tempat pariwisata ini, pengunjung cukup membayar parkir sebesar sepuluh ribu rupiah untuk kendaraan roda empat dan lima ribu rupiah untuk motor.

PWNU Jatim Harlah