Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Menyaksikan dari Dekat Kemolekan Pulau Bawean

Menyaksikan dari Dekat Kemolekan Pulau Bawean
Danau Kastoba di Bawean yang masih asri. (Foto: NOJ/RDz)
Danau Kastoba di Bawean yang masih asri. (Foto: NOJ/RDz)

Surabaya, NU Online Jatim

Bila suasana memungkinkan, ada baiknya berkunjung ke pulau ini. Melihat dari dekat bagaimana warga sekitar dapat bertahan di pulau kecil dengan dinamika yang mengiringi.

 

Yang juga tidak kalah untuk disaksikan, ternyata pulau Bawean memiliki destinasi wisata yang cukup menjanjikan. Sangat disayangkan bila terlewati begitu saja.

 

Kabupaten Gresik memiliki salah satu kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Diberi nama Pulau Bawean, keindahan alam di sana tidak kalah dengan beberapa pulau tersohor seperti Kepulauan Seribu hingga Karimun Jawa.

 

 

Dilansir dari Tribun Travel, Pulau Bawean terletak 120 km meter dari pusat Kabupaten Gresik. Pulau tersebut terdiri dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak dengan mayoritas penduduknya berasal dari Suku Bawean. Pulau Bawean bisa dikatakan sebagai wisata tersembunyi dari Kabupaten Gresik. Hal ini tak lain karena pamornya yang belum begitu terekspos bahkan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Namun, pulau ini terkenal dengan kekayaan alamnya yang indah dan unik. Ada banyak wisata yang bisa kamu coba saat berkunjung ke pulau terluar Kabupaten Gresik ini.

 

Berikut adalah ulasan selengkapnya:

 

Bawean Island

Di Bawean Island ini kamu dapat melihat rusa Bawean yang termasuk binatang langka Indonesia dan hanya ada di Bawean. Rusa tersebut merupakan rusa liar, jadi kamu yang berkunjung ke sini tidak bisa sembarangan memberi makan tanpa izin. Lihat Foto Pemandangan dan suasana tenang di Danau Kastoba, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

 

Danau Kastoba

Danau Kastoba adalah danau yang terletak di bagian paling tengah Pulau Bawean. Berlokasi di Desa Paromaan Kecamatan Tambak, untuk mencapai Danau Kastoba kamu perlu tracking sejauh 500 m terlebih dahulu. Baca juga: Bingkai Magis Danau Kastoba di Pusat Pulau Bawean

 

Pantai Gili

Pantai Gili atau Pulau Gili merupakan pulau kecil yang ada di Pulau Bawean. Pantai Gili terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih, masih bersih dan sangat asri. Selain itu, kamu juga bisa melihat mata hari terbit dan terbenam di Pantai Gili, karena di sini spot pemandangan alamnya sangat cantik.

 

Pulau Noko

Pulau kedua bagian dari Pulau Bawean adalah Pulau Noko. Kawasan Pulau Noko terdiri dari hamparan pasir putih yang yang luas dan sangat bersih. Selain itu, keindahan pemandangan bawah launya juga sangat menakjubkan karena Pulau Noko memiliki variasi ikan hias dan bunga karang yang masih terjaga. Sebelum mengunjungi Pulau Noko, ada baiknya kamu membawa alat snorkeling sendiri karena sampai saat ini belum ada tempat penyewaannya.

 

 

Air Terjun Laccar

Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Pulau Bawean juga memiliki wisata air terjun. Air terjun Laccar berlokasi di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Memiliki ketinggian 25 meter air terjun Laccar berlanskapkan tebing dan pemandangan alam yang masih asri.

 

Cara Menuju Pulau Bawean

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Bawean bisa memilih jalur udara atau jalur laut. Jika memilih jalur udara kamu bisa mengambil keberangkatan dari Kota Surabaya atau Kabupaten Sumenep.

 

Sementara untuk akses jalur laut kamu bisa melalui Pelabuhan Gresik dan Paciran Kabupaten Lamongan.

 

Jadwal keberangkatan kapal cepat untuk perjalanan selama 3 jam ke Pulau Bawean dimulai pukul 09.00 WIB. Harga yang dipatok untuk kelas eksekutif sebesar Rp170 ribu dan kelas VIP Rp220 ribu. Ada dua jenis kapal cepat yang bisa dipilih yaitu Natuna Express dan Express Bahari BE

 

Sementara untuk transportasi laut dengan perjalanan 8 jam dimulai pukul 21.00 WIB menggunakan kapal KMP Gili Iyang. Harga tiket yang dibanderol yaitu Rp76 ribu untuk dewasa, anak-anak dengan harga Rp50 ribu dan Rp95 ribu untuk 1 penumpang dewasa dengan motor.

 

PWNU Jatim Harlah