• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Malang Raya

Meriahkan Harlah, IPNU-IPPNU di Malang Pentaskan Drama

Meriahkan Harlah, IPNU-IPPNU di Malang Pentaskan Drama
Atraksi yang dilakukan PK IPNU-IPPNU MA Al-Ijtihad, Malang. (Foto: NOJ/M Miftachur R)
Atraksi yang dilakukan PK IPNU-IPPNU MA Al-Ijtihad, Malang. (Foto: NOJ/M Miftachur R)

Malang, NU Online Jatim

Banyak cara dilakukan dalam mengungkapkan perasaan bangga dan suka cita atas peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama.

 

Seperti yang dilakukan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) MA Al-Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang.

 

Mereka menggelar peringatan harlah ke-95 NU dengan tema 'Islam Nusantara, Kemandirian NU untuk Perdaban Dunia.' Dalam agenda ini diwarnai apel santri dan dilanjutkan drama kolosal yang berkolaborasi dengan teater awam mengambil judul 'Metamorfosa'. Acara dipusatkan di halaman MA Al Ittihad, Jumat (12/02/2021).

 

"Drama kolosal kali ini kami tidak berjalan sendirian, akan tetapi menggandeng teater awam,” kata Muh Ihsan Ifandi.

 

Dijelaskan ketua pelaksana tersebut bahwa drama menceritakan awal pendirian Nahdlatul Ulama, 1926 silam. Mereka juga memerankan perjalanan NU ketika awal sampai Resolusi Jihad pada 1945 dan juga penyobekan bendera Belanda di Hotel Yamato.

 

“Drama kali ini diakhiri dengan penjelasan pendirian masing-masing badan otonom NU kala itu,” jelasnya.

 

Ifan menuturkan bahwa kegiatan mempunyai tujuan agar siswa dan Nahdliyin bisa memahami akan sejarah NU secara utuh. Meskipun sempat tertunda lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, kegiatan berjalan lancar.

 

“Tujuan utama dari drama kali ini yakni supaya masyarakat dan siswa bisa paham NU secara utuh cak lewat drama yang kami mainkan,” bebernya.

 

Dalam sambutannya, HM Zainuri selaku Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Poncokusumo bahwa IPNU-IPPNU adalah NU masa depan.

 

"Tetap semangat kader IPNU-IPPNU karena sampean adalah calon pengurus NU dan Muslimat NU di masa depan,” katanya.

 

Kegiatan dihadiri Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU, PAC Gerakan Pemuda Ansor, PAC Fatayat NU, PAC IPNU, PAC IPPNU, seluruh banom dan lembaga di naungan NU Poncokusumo.

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki


Editor:

Malang Raya Terbaru