Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Meriahkan Kemerdekaan, Ansor di Ponorogo Gelar Gowes Sarungan

Meriahkan Kemerdekaan, Ansor di Ponorogo Gelar Gowes Sarungan
Peserta gowes sarungan yang digelar oleh PR GP Ansor Maguwan, Sambit, Ponorogo. (Foto: NOJ/Dodik N)
Peserta gowes sarungan yang digelar oleh PR GP Ansor Maguwan, Sambit, Ponorogo. (Foto: NOJ/Dodik N)

Ponorogo, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, dan juga tahun baru Islam 1442 H. Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Maguwan, Kecamatan Sambit, Ponorogo bekerja sama dengan pemerintah desa menyelenggarakan ’Gowes Sarungan’ di Wisata Sumber Beji Maguwan, Kamis (20/8).

 

Peserta gowes baik itu dari Ansor, perangkat desa, masyarakat umum dan komunitas gowes Ponorogo bersepeda mengelilingi desa dengan memakai sarung. Pada acara ini terdapat kupon undian yang memperebutkan hadiah utama berupa sepeda gunung seharga tiga juga rupiah dan puluhan hadiah lain.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Ponorogo, Samsul Ma'arif mengatakan acara ini sebagai perwujudan atas doktrin Ansor. Yakni selain benteng ulama, juga kader bangsa.

 

“Kader bangsa itu harus siap mengawal proses berbangsa dan bernegara, dan konteksnya Pimpinan Ranting itu bersinergi dengan pemerintah desa,” katanya. Ansor mempunyai tanggung jawab membangun optimisme di tengah pandemi karena di balik kesulitan ada kemudahan, lanjutnya.

 

Selain itu, kegiatan sebagai upaya agar kader dan lembaga Ansor semakin dikenal dan berkontribusi di masyarakat. Apalagi di Desa maguwan sekretaris desa dan beberapa perangkatnya adalah kader Ansor. Harapannya, desa dan kader di manapun bisa membangun sinergi dengan pemerintah desa.

 

"Pemerintah desa itu mitra kita karena NKRI harga mati. Sehingga NU menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses pembangunan bangsa dan proses pembangunan peradaban," tegasnya.

 

Kepala Desa Maguwan, Endang Sunarwiati mengemukakan bahwa dirinya bersama keluarga besar Ansor dan pemerintah desa mengadakan  kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-75 RI sekaligus tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H.

 

“Harapan kami dengan kegiatan ini bisa meperkenalkan wisata sumber beji gede dan wisata religius makam atas angin mataram II yang terletak di bukit Maguwan,” jelasnya.

Dirinya berharap masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah desa untuk menjadikan kawasan tersebut lebih maju dan mensejahterakan warga.

 

Kapolsek Sambit, Sutriatno dalam sambutanya mengatakan bahwa gowes sarungan sangat luar biasa. Apalagi dalam pelaksanannya peserta tetap tertib selama di jalan, menjaga jarak karena situasi pandemi belum berakhir.

 

“Kepada peserta saya harap untuk tetap dispilin dengan mematuhi protokol kesehatan. Semua wajib memakai masker agar tidak terjadi klaster baru dari acara ini,” pesan Kapolsek Sambit.

 

Ketua panitia, Imam Mubarok menjelaskan tujuan acara ingin Ansor terlibat dalam memperkenalkan Wisata Sumber Beji Maguwan.

 

“Juga yang sangat penting yakni  memperkokoh rasa nasionalisme kepada seluruh peserta gowes sarungan,” pungkasnya.

PWNU Jatim