Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Meriahkan Maulid Nabi, KBRA di Sumenep Gelar Ruqyah Massal

Meriahkan Maulid Nabi, KBRA di Sumenep Gelar Ruqyah Massal
Kegiatan Ruqyah Massal yang dilaksanakan di Masjid Nurul Mannan, Dusun Panglima, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Kamis (29/10/2020). (Foto: NOJ/ Habiburrahman).
Kegiatan Ruqyah Massal yang dilaksanakan di Masjid Nurul Mannan, Dusun Panglima, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Kamis (29/10/2020). (Foto: NOJ/ Habiburrahman).

Sumenep, NU Online Jatim

Pengobatan yang bersifat terapi jasmani saat ini mulai jarang dilakukan oleh masyarakat. Apalagi di era saat ini dengan banyaknya pengobatan yang bersifat medis. Pengobatan terapi jasmani hanya dijadikan pengobatan alternatif setelah medis dianggap tidak mempan. Padahal, pengobatan terapi tersebut boleh dikata adalah salah satu warisan leluhur yang perlu dilestarikan.

 

Untuk melestarikan warisan leluhur tersebut, Keluarga Besar Ruqyah Aswaja (KBRA) gencar melakukan terapi jasmani ke masyarakat. Seperti yang dilakukan PC KBRA Sumenep di Masjid Nurul Mannan, Dusun Panglima, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Kamis (29/10/2020). Atas permintaan masyarakat, organisasi ruqyah yang dirintis oleh Kiai Achmad Imron Rosidi ini menggelar 'Ruqyah Massal: Terapi Jasmani dan Olah Hati melalui Al-Qur'an dan Doa'.

 

Ustadz Mosa menuturkan, sebelum acara dimulai, terlebih dahulu diawali dengan pembacaan shalawat Nabi yang dipimpin oleh Ustadz Adi Mulyo Wakil Ketua PC KBRA Sumenep.

 

"Hal ini dimaksudkan demi mengharap ridla Allah dan mengharap syafaat Rasulullah SAW. Mengingat, saat ini merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Jum'at (30/10/2020) malam.

 

Penasehat PC KBRA Kabupaten Sumenep tersebut berharap, kegiatan ini dijadikan sebagai media dakwah dalam menyebarkan agama Islam dengan methode ruqyah Aswaja. "Untuk senantiasa menjaga amaliyah warga NU, khususnya di Sumenep ini," imbuhnya .

 

Ia juga berharap, KBRA tetap konsisten dalam memberikan kontribusi positif dalam hal kesehatan melalui terapi pengobatan tibbun nabawi yang sudah jarang dilakukan di zaman yang serba modern. "Apalagi manfaatnya sangat luar biasa. Minimal bisa memberikan aura positif di tengah masyarakat yang sedang dirundung pandemi ini," ujar Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bluto ini.

 


 

Acara ini memperoleh antusiasme yang luar biasa dari masyarakat sekitar. Terbukti, ratusan peserta hadir, yang notabene adalah golongan masyarakat menengah ke bawah dan kurang mampu.

 

Untuk diketahui, kegiatan ruqyah ini dipimpin oleh Ustadz Adi Mulyo, sedangkan pengisian air asma dipimpin oleh Ustadz Suhannan Ketua PAC KBRA Kecamatan Bluto. Pengobatan ini bersifat gratis, dan infaq seikhlasnya bagi yang membutuhkan air barokah.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim