Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Meski Pandemi, Ansor dan Banser di Bojonegoro Gelar Donor Darah 

Meski Pandemi, Ansor dan Banser di Bojonegoro Gelar Donor Darah 
Sejumlah kader Ansor dan Banser Baureno, Bojonegoro menggelar donor darah. (Foto: NOJ/M Yazid)
Sejumlah kader Ansor dan Banser Baureno, Bojonegoro menggelar donor darah. (Foto: NOJ/M Yazid)

Bojonegoro, NU Online Jatim
Ketersediaan darah di kawasan Bojonegoro semakin menipis. Karenanya, perlu keikutsertaan berbagai kalangan demi memastikan bahwa darah tersedia secara cukup.

 

Kiprah nyata dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Meskipun pandemi Covid-19, masih menggelar acara donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

 

Kegiatan dipusatkan di aula Graha Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sejumlah kader GP Ansor, Banser dan Rijalul Ansor mengikuti aksi donor darah bersama Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) secara tertib.


Ketua PAC GP Ansor Baureno, Rahmat Mualim mengatakan, donor darah merupakan aksi kemanusiaan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk membantu ketersediaan darah yang mulai menipis.


"Ini bentuk khidmat kepada negeri dengan bakti sosial dan peduli kemanusiaan yang dilakukan Ansor, Banser dan Nahdiyin Kecamatan Baureno untuk membantu ketersediaan stok darah PMI," jelasnya.


Rahmat menuturkan, kebutuhan darah untuk wilayah Bojonegoro di tengah pandemi Covid-19 dimungkinkan terus mengalami peningkatan. Untuk itulah ratusan kader Ansor terpanggil atas kondisi yang ada.


Sekadar diketahui bahwa aksi kemanusiaan berupa aksi donor darah ini menjadi agenda rutin dan sudah berjalan sejak priode kepengurusan sebelumnnya yang dilaksanakan tiga bulan sekali. 

 

“Pasalnya Ansor ikut menjaga NKRI dan cinta tanah air, karena itu kita tunjukkan melalui bakti sosial donor darah ini,” jelasnya. Gerakan ini hendaknya bisa terus digelar dengan istikamah dan dapat menjadi agenda organisasi yang bisa dilakukan secara rutin, lanjutnya.


Aktivis muda yang juga guru itu menambahkan, Ansor Baureno sebelumnya sudah melakukan sosialisasi secara maksimal agar peserta yang datang bisa lebih banyak lagi. Setidaknya peserta yang mengikuti kegiatan donor darah sekitar 30 orang lebih. 

 

"Sebenarnya banyak juga sahabat Ansor dan juga Banser yang menjadi relawan PMI. Kami akan lakukan edukasi kepada seluruh kader terkait manfaat donor darah baik bagi dirinya maupun orang lain," jelas Rahmat.

 

Di akhir paparan, dirinya memohon doa agar acara ini kontinu dan istikamah digelar. Hal tersebut sebagai bukti bahwa Ansor selalu berkhidmah untuk negeri, melaksanakan bakti sosial dan peduli pada kemanusiaan. 

 

"Karena setetes darah kita membawa sejuta manfaat bagi mereka," pungkasnya.
 

Iklan promosi NU Online Jatim