• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 16 April 2024

Metropolis

Meski Pandemi, Masjid NU di  Sidoarjo Salurkan Ribuan Daging Kurban

Meski Pandemi, Masjid NU di  Sidoarjo Salurkan Ribuan Daging Kurban
Ribuan daging kurban dari tiga masjid NU di kawasan Tambakrejo, Krembung, Sidoarjo diterima warga. (Foto: NOJ/Sutrisno)
Ribuan daging kurban dari tiga masjid NU di kawasan Tambakrejo, Krembung, Sidoarjo diterima warga. (Foto: NOJ/Sutrisno)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Di musim pandemi Corona Virus Deases (Covid-19), ibadah Idul Adha tahun ini tetap berjalan lancar meskipun mematuhi protokol kesehatan. Demikian pula yang berlaku di masjid NU kawasan Tambakrejo, Krembung, Sidoarjo.


Dalam rangka menggelar hajatan tahunan tersebut, panitia menerapkan anjuran yang ditentukan, dari mulai jaga jarak dan memakai masker. Hal tersebut berlaku saat pelaksanaan shalat Idul Adha maupun penyembelihan hewan kurban, Jumat (30/7). 

 

Setidaknya ada tiga masjid yang berada di bawah naungan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Tambakrejo, yakni Babussalam yang menjadi tempat jamaah bagi warga Dusun Balongpapar, Awar-awar dan Pologunting.  Juga Masjid Jami' Nurul Hidayah untuk kawasan Dusun Tambakrejo dan Tambaktugu. Sedangkan untuk Dusun Mace'an dan Ngingas yakni Masjid Baitul Makmur. 

 

Ketua PRNU Tambakrejo, Ustadz Samilan mengatakan bahwa Tambakrejo sebagai desa terluas dan penduduknya padat di Kecamatan Krembung memiliki tiga masjid dan 21 mushala. Ketika hari raya ini, ketiganya sebagai pusat kegiatan sosial keagamaan.  

 

"Alhamdulillah, tahun ini walaupun dengan protokol kesehatan, Nahdliyin tetap dapat melaksanakan Idul Adha dengan lancar dan aman sesuai harapan dan anjuaran pemerintah," katanya. 

 

Beberapa hal yang terasa berbeda dengan kurban tahun sebelumnya selain menerapkan protokol kesehatan, adalah jumlah hewan dan proses pendistribusian daging. 

 

Wakil Ketua PRNU Tambakrejo, Sutrisno Akbar mengatakan bahwa tiga masjid yang ada menyembelih 70 hewan yang terdiri dari 13 ekor sapi dan 57 kambing. 

 

"Untuk Masjid Babussalam ada 25 ekor kambing dan dua ekor sapi, Masjid Nurul Hidayah 22 ekor kambing dan delapan ekor sapi, sedangkan Masjid Baitul Makmur ada tiga ekor sapi dan 10 ekor kambing," jelas pria yang juga Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Tambakrejo tersebut.

 

Ketua Takmir Masjid Babussalam, Ustadz Subagio menambahkan bahwa seluruh daging kurban dibagikan merata ke seluruh warga masyarakat yakni Dusun Balongpapar, Awar-awar dan Pologunting. 

 

"Karena masjid ini milik Nahdliyin di tiga dusun, maka pembagian didistribusikan sekitar 600 rumah yang ada," jelasnya kepada NU Online Jatim.

 

Sementara Rais PRNU Tambakrejo, Ustadz Abd Mukti yang juga Takmir Masjid Nurul Hidayah menyampaikan bahwa untun tahun ini menerima 17 ekor kambing dan enam sapi yang siap didistribusikan kepada hampir 800 rumah di dua Dusun Tambakrejo dan Tambaktugu. 

 

"Tambakrejo ini sebenarnya ada tambahan dua ekor sapi dan lima ekor kambing, namun penyembelihannya dipusatnya di Mushala Tambaktugu," jelas Ustadz Abd Mukti. 

 

Wakil Rais PRNU Tambakrejo, Ustadz Ainur Rofiq turut melaporkan bahwa masjid untuk dua dusun tersebut juga menerima tiga ekor sapi dan 10 ekor kambing.

 

"Seekor sapi dan tiga ekor kambing telah usai disembelih di Mushola Jannatul Muslimin, sedangkan untuk yang dipusatkan di Masjid Ngingas ada dua ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Insyallah pembagian akan diratakan kepada sekitar 400 rumah di Dusun Ngingas dan Mace'an,"  jelas Pembina Majelis Taklim Arrofiqoh tersebut. 

 

Sehingga total hewan penyembelihan di tiga masjid tersebut ada 13 ekor sapi dan 57 kambing, telah serta didistribusikan kepada 1.800 rumah se PRNU Tambakrejo tanpa kecuali. Sementara proses pembagian atau pendistribusian adalah panitia mendatangi semua rumah warga, sehingga menghindari sistem kupon yang dapat menimbulkan antrian.

 

"Alhamdulillah semua telah berjalan dengan lancar. Daging sudah didistribusikan ke rumah warga hingga sore dan harapan kami semoga dengan semangat berkurban ini walaupun di tengah pandemi tetap dapat menguatkan jiwa dan hati kita dalam melaksanakan perintah Allah SWT," pungkas Rais PRNU Tambakrejo tersebut.


Editor:

Metropolis Terbaru