• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Pantura

MI Darul Ulum di Tuban, Langganan Juara Robot Nasional

MI Darul Ulum di Tuban, Langganan Juara Robot Nasional
Dua peserta didik MI Darul Ulum, Widang, Tuban menjadi juara lomba robot nasional. (Foto: NOJ/Ist)
Dua peserta didik MI Darul Ulum, Widang, Tuban menjadi juara lomba robot nasional. (Foto: NOJ/Ist)

Tuban, NU Online Jatim

Prestasi demi prestasi terus dikukuhkan peserta didik dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum, Widang, Tuban. Yang terbaru, dua siswanya berhasil menyabet juara dua kategori Best Point Robot ASV (Amphibious solar vehicle) Basic.

 

Kegiatan kontes robotik level nasional yaitu Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 tersebut berlangsung di Jakarta.

 

Dengan mengandalkan rakitan robot kapal bertenaga surya, karya dua siswa kelas lima yang mengikuti ekstrakurikuler robotik yaitu, Prasetio Adi Nugroho dan Firda Khalifa Nurillah, madrasah di pinggiran kota Tuban ini mampu mencatatkan nilai tertinggi kedua.

 

"Kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ananda berdua, Prasetio Adi Nugroho dan Firda Khalifa Nurillah yang telah menorehkan prestasi di bumi wali tercinta," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid beberapa waktu berselang.

 

Atas raihan prestasi yang membanggakan tersebut, Sahid menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dari berbagai pihak. Hal itu juga yang menjadikan MI Darul Ulum dapat mengikuti ajang kompetisi robotik bergengsi di  tingkat nasional.

 

Sementara itu, Kepala MI Darul Ulum Widang, Hj Choiriyah menyatakan sangat bersyukur atas prestasi di ajang MRC 2020. "Alhamdulillah wasyukurillah dengan menerapkan protokol kesehatan, kami dapat mengikuti acara grand final MRC 2020 di Jakarta, 28 Januari tahun ini," katanya, Selasa (10/02/2021).

 

Alumnus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut menjelaskan menjadi juara kembali dalam ajang madrasah robotik merupakan prestasi membanggakan. Karena tidak semua madrasah dapat mengulang sejarah, walaupun  untuk saat ini hanya mampu berada di urutan kedua. Karena sebelumnya pernah meraih juara pertama best desaign MRC yakni tahun 2019.

 

"Kecepatan robot kami hanya selisih 0,38 detik dengan robot juara pertama," jelas perempuan yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Widang tersebut.

 

Dirinya selalu mendukung kiprah dan keinginan peserta didik yang ingin lebih maju dan berprestasi. Walaupun untuk mencapai hal tersebut, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan pihak madrasah. “Asalkan anak didik kita berprestasi, semua akan kami lakukan,” tegasnya.

 

MI Darul Ulum Widang, Tuban memang kerap mengikuti lomba robot. dari keikutsertaan tersebut, tidak sedikit yang mengantarkan peserta didik meraih prestasi membanggakan. Tidak semata ajang level nasional yang diikuti, juga di luar negeri. 


Editor:

Pantura Terbaru