Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Momen Hari Perdamaian, Rijalul Ansor Sidoarjo Gelar Ngaji Padang Bulan

Momen Hari Perdamaian, Rijalul Ansor Sidoarjo Gelar Ngaji Padang Bulan
Rutinan Ngaji Padang Bulan MDS Rijalul Ansor Sidoarjo saat momentum Hari Perdamaian Internasional. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto).
Rutinan Ngaji Padang Bulan MDS Rijalul Ansor Sidoarjo saat momentum Hari Perdamaian Internasional. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Sidoarjo menggelar rutinan ‘Ngaji Padang Bulan Malam 15 Hijriyah’. Kegiatan dipusatkan di aula Kantor PC GP Ansor Sidoarjo, Selasa (21/09/2021). Acara ini juga dilangsungkan secara virtual via kanal youtube PC GP Ansor Sidoarjo dan Facebook PC Rijalul Ansor Sidoarjo.

 

Ngaji rutinan ini cukup istimewa karena bertepatan dengan peringatan Hari Perdamaian Internasional 2021 atau International Day of Peace yang diperingati setiap tanggal 21 September. Dan tahun ini diperingati sejalan dengan dunia yang sedikit demi sedikit mulai pulih dari pandemi Covid-19.

 

“Ngaji rutinan malam ini bertepatan dengan peringatan Hari Perdamaian Internasional, ini sungguh luar biasa. Mudah-mudahan sahabat kita khususnya yang berada di negara Islam yang masih bergejolak, dengan hidayah dan pertolongan Allah semuanya dijadikan negara yang aman,” kata Gus Mursalin, Ketua PC MDS Rijalul Ansor Sidoarjo kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, di masa pandemi ini kegiatan PC MDS Rijalul Ansor Sidoarjo sempat vakum sekitar dua bulan lamanya. Dirinya pun bersyukur, karena atas ridho Allah SWT, wabah Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo saat ini sudah melandai dan berada di level I, serta rutinan dapat kembali dilaksanakan.

 

“Ini adalah sebuah perdamaian dan ketenteraman bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo, karena kita sudah mulai bisa beraktifitas lagi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi sahabat-sahabat Rijalul Ansor khususnya di tingkat PAC maupun ranting sudah lama ingin kumpul dalam kegiatan shalawatan, ngaji, dan lainnya,” tegasnya.

 

Sementara Penasihat PC MDS Rijalul Ansor Sidoarjo, Abdur Rohman Falahi atau Gus Afa dalam mauidhoh hasanahnya menjelaskan tentang barokah dan keutamaan menyambung silaturahim. Diterangkannya, barokah dari silaturahim di antaranya adalah menarik rizki, selanjutnya adalah menumbuhkan cinta kasih antar keluarga.

 

“Insyaallah kalau rajin bersilaturahim akan awet muda. Semoga kita diberikan rizki dan umur yang barokah,” tutur pengasuh Pesantren Fauzul Falah Minggir Sidoarjo tersebut.

 

Menurut Gus Afa, jika barokah ada di harta seorang manusia, maka insyaallah harta itu akan menjadi banyak atau berkah dan sulit habis. “Semoga kita tergolong orang-orang yang apabila sewaktu-waktu dipanggil oleh Allah dalam keadaan husnul khatimah,” pungkasnya.

 

 

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pengurus PC MDS Rijalul Ansor Sidoarjo dan beberapa utusan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) MDS Rijalul Ansor. Rangkaian acara diawali dengan pembacaan Rattibul Haddad, Shalawat Nabi, Mauidhoh Hasanah, dan dipungkasi dengan doa.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim